Tak Berkategori  

Harga Minyak Dunia Cetak Rekor Tertinggi Sejak 2014

JAKARTA – Harga minyak dunia cetak rekor tertinggi sejak 2014. Harga minyak jenis Brent menembus level USD100 per barel untuk pertama kalinya sejak 2014.

Kenaikan harga minyak ini setelah Rusia menyerang Ukraina. Serangan ini memperburuk kekhawatiran bahwa perang Rusia-Ukraina dapat mengganggu pasokan energi global.

Harga minyak mentah Brent naik menjadi D103,78 per barel, tertinggi sejak 14 Agustus 2014, dan berada di USD103,18 per barel pada 0830 GMT, naik USD6,34, atau 6,5%.

Sementara, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS melonjak USD5,48, atau 6%, menjadi USD97,58 per barel, setelah naik ke USD98,46, tertinggi sejak 11 Agustus 2014. Demikian seperti dilansir Reuters, Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Harga minyak telah melonjak lebih dari USD20 per barel sejak awal 2022 di tengah kekhawatiran bahwa Amerika Serikat dan Eropa akan menjatuhkan sanksi ke Rusia.

“Ketidakpastian yang berkembang selama masa ketika pasar minyak sudah ketat membuatnya rentan, sehingga harga kemungkinan akan tetap bergejolak dan meningkat,” kata Head of ING’s commodity research Warren Patterson.

Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan untuk operasi militer khusus yang artinya menyerang Ukraina. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan, Rusia telah meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina dan menargetkan kota-kota dengan serangan senjata.

Sementara itu, beberapa anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengatakan minggu ini tidak perlu meningkatkan produksi lebih lanjut karena kesepakatan potensial antara Iran dan kekuatan dunia atas program nuklir produsen minyak akan meningkatkan pasokan.

AS dan Iran telah terlibat dalam pembicaraan nuklir tidak langsung di Wina yang dapat mengarah pada penghapusan sanksi terhadap penjualan minyak Iran.

Ukraina mengatakan bahwa Rusia sedang memindahkan peralatan militer ke negara itu dari Krimea dan menghadapi serangan dunia maya tanpa henti. Ini melaporkan satu kematian sejauh ini.

Rusia adalah produsen minyak terbesar kedua di dunia, terutama menjual minyak mentahnya ke kilang-kilang Eropa, dan merupakan penyedia gas alam terbesar ke Eropa, menyediakan sekitar 35% dari pasokannya. (okezone)