Tak Berkategori  

Harga Naik, Waspadai Gula Rafinasi

Ilustrasi (net)

PADANG – Harga gula sudah mengalami kenaikan sejak 3 minggu belakangan.Rencana pemerintah membuka kran impor untuk menutupi kekurangan gula tersebut adalah langkah yang tepat.

“Gula mengalami kenaikan Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per karung dengan isi 50 Kg. Saat ini harga gula Rp13.500/kg yang mengalami kenaikan 3 minggu yang lalu,” kata salah seorang distrubutor di Padang, H.Morsel kepada Singgalang,Rabu (19/2).

Harga tersebut diperkirakan terus mengalami kenaikan ke depannya. Sebab, panen atau musim giling tebu pada April atau Mei mendatang. Gula di Sumbar berasal dari Lampung.

Dikatakannya, impor yang dilakukan pemerintah harus tepat sasaran. Bila tidak, harga gula masih tetap tinggi di pasaran.

Menurutnya, pemerintah daerah juga harus mewaspadai beredarnya gula rafinasi di pasaran. Gula rafinasi tersebut, harganya memang lebih murah dari gula biasa.

Ditambah lagi, bentuk gulanya yang putih bersih. Memang gula rafinasi tersebut rasanya kurang manis dibandingkan gula biasa. Namun, dalam sisi kesehatan gula rafinasi ini tak baik karena gula tersebut diperuntukan untuk industri yang diolah dulu.

“Masyarakat harus lebih ekstra hati-hati dalam membeli gula di pasaran dan harus bisa membedakan gula asli dengan gula biasa,”ulas Morsel. (syawal)