Tak Berkategori  

Harimau Dahan Kagetkan Warga Pasaman

PASAMAN – Seekor harimau dahan gemparkan warga Jorong rumah nan 30, Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping. Pasalnya, harimau dahan yang ukurannya besar sedikit dari ukuran seekor kucing dewasa itu masuk ke dalam dapur salah seorang warga setempat.

Salah seorang warga sekitar, Afrizal menjelaskan, kejadiaan itu dialami terjadi Senin (13/6). Sebelum masuk ke dapur rumah seorang warga, Afrizal melihat harimau itu sempoyongan di jalanan kampung hingga masuk ke selokan dan berakhir di dapur warga.

Afrizal pun langsung melaporkan ke tetangga dan Babinkantibmas Air manggis, Bripka Karnadi. Hingga akhirnya tim BKSDA pun diberitahu untuk melakukan proses evakuasi.

Harimau dahan itupun langsung dievakuasi dengan proses pembiusan, menghindari hal yang tidak diiginkan. Tidak sampai di situ saja, setelah tiga kali pembiusan, harimau dahan ini masih sadarkan diri. Hingga akhirnya, warga pun bertindak dengan cara mengikat harimau itu menggunakan galah. Upaya tersebut pun berhasil dan harimau berhasil dievakuasi.

Kasi wilayah 1 BKSDA Pasaman, Khairi Ramdhan menyebutkan, jenis harimau tersebut biasa disebut macan dahan. Habitatnya di hutan. Selanjutnya dilakukan penelitian atau obserfasi penyebab harimau tersebut masuk ke area perkampungan, dan seandainya kondisi baik dan sehat harimau tersebut akan dibawa ke kawasan konservasi Sumatera Barat untuk di lepas kembali ke habitanya. (202)