Tak Berkategori  

Hasil MotoGP Mandalika: Miguel Oliveira Jadi Pemenang Perdana, Marc Marquez Absen

Miguel Oliviera

HASIL race MotoGP Mandalika 2022 sudah dirilis. Pembalap KTM Red Bull, Miguel Oliveira, keluar sebagai pemenang dalam balapan perdana di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sementara itu, Marc Marquez harus absen usai mengalami kecelakaan parah di sesi pemanasan pada pagi hari

Balapan MotoGP Mandalika 2022 sendiri harus mengalami penundaan karena hujan badai yang mengguyur Sirkuit Mandalika. Dari dijawalkan berlangsung pada pukul 14.00 WIB, balapan baru bisa digelar pada hari ini, Minggu (20/3/2022) pukul 15.15 WIB.

Tak hanya jam yang berubah, balapan MotoGP Mandalika 2022 juga harus mengalami pemangkasan jumlah lap. Dari 37, jarak tempuh balapan seri kedua MotoGP 2022 ini berubah menjadi hanya 20 lap.

Meski begitu, balapan yang seru tetap tersaji. Di bawah guyuran hujan Oliveira sukses tampil ciamik. Dia keluar sebagai pemenang, diikuti Fabio Quartararo di urutan kedua dan ada Johann Zarco di posisi ketiga.

Jalannya Balapan

Fabio Quarataro yang memulai balapan dari pole position mampu membuat awal yang baik. Dia langsung tancap gas memimpin balapan di awal. Di belakangnya, ada Miguel Oliveira dan Jack Miller yang membuntuti.

Namun, kondisi ini tak bertahan lama. Baru memasuki lap kedua, Quartararo langsung tersalip oleh Oliveira dan Jack Miller yang berada di posisi pertama dan kedua secara berurutan.

Balapan kemudian berjalan lebih sengit. Miller sukses merebut posisi Oliveira dan langsung melaju dengan cepat untuk memimpin. Pembalap Tim Ducati Lenovo itu bahkan sampai sempat mencatat fastest lap dengan 1 menit 41,161 detik.

Sementara itu, Quartararo makin menderita karena kian tercecer ke belakang. Usaha Alex Rins dan Johann Zarco beraksi di lintasan basah tampak berjalan mulus. Beraksi di bawah guyuran hujan, kedua pembalap itu bisa menyalip Quartaarar hingga berada di posisi ketiga dan keempat secara berututan.

Persaingan di baris depan tak kalah sengit. Susul-menyusul terus terjadi sepanjang balapan karena keduanya terpaut jarak tipis. Oliveira pun kembali memimpin di lap keempat.

Nasib malang menimpa Jorge Martin di lap ketujuh MotoGP Mandalika 2022. Dia tergelincir saat hendak melintas di tikungan hingga akhirnya terjatuh. Jorge Martin pun kembali tak mendulang poin di MotoGP 2022.
Baca juga: Preview Final All England 2022: Bagas/Fikri Vs Ahsan/HendraKala balapan memasuki 10 lap, Oliveira tampak makin nyaman memimpin balapan. Dia bisa menjaga jarak cukup jauh dengan Jack Miller yang masih berada di posisi kedua.

Balapan kian sengit kala tiggal menyisakan lima lap lagi, sejumlah perubahan terjadi utamanya di posisi ketiga. Sejumlah pembalap bergantian mengisi posisi ini karena persaingan yang sengit. Berawal dari Rins yang gagal mempertahankan posisinya usai disalip Zarco, kemudian giliran Quartararo yang menyalip Zarco.

Tak berhenti di Zarco, Quartararo kemudian memburu Miller. Juara dunia MotoGP 2021 itu pun sukses melancarkan aksinya hingga berada di posisi kedua.

Posisi kemudian tak banyak mengalami perubahan. Oliveira keluar sebagai pemenang, Quartararo finis kedua, dan Zarco mengisi tempat ketiga. (okezone)

Artikel Asli