Tak Berkategori  

Hati-hati, Masih Banyak Beruang Madu di Pasaman

Beruang madu. (rusmel)
Beruang madu. (rusmel)
Beruang madu. (rusmel)

LUBUK SIKAPING – Menindaklanjuti kasus terjeratnya seekor beruang madu, Kepala Resor BKSDA Pasaman dan Pasaman Barat, Edi Candra mengimbau warga agar lebih berhati-hati jika beraktivitas di ladang. Masih ada ratusan beruang madu berkeliaran di hutan.

Pasalnya beruang yang terjerat di Jorong Batung Balirik, Nagari Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuk Sikaping dekat dengan pemukiman warga.

“Beruang madu di Pasaman bukan hal yang biasa. Namun, dengan kasus ini, beruang mulai merambah atau mencari makanan dekat dengan pemukiman warga. Ini bisa mengancam keselamatan,” kata Edi Chandra, Rabu (14/12).

Lebih lanjut dijelaskan Edi, dari pantauan pihaknya, saat ini ada ratusan ekor beruang madu ada di kawasan itu. Keberadaan Beruang itu diketahui setelah pihaknya melakukan pantauan di dalam hutan. Pantauan itu menggunakan kamera trap yang dipasang BKSDA di dalam hutan.

 

Kawasan yang kerap ditemui beruang madu itu diantaranya yakni Lubuk Sikaping, Mapat Tunggul Selatan, dan Duo Koto. Sedangkan di Pasaman Barat, ditemukan di Talu.(can)