Tak Berkategori  

Hattrick Ronaldo Bawa Madrid Raih Tropi Piala Dunia Antarklub 2016

Cristiano Ronaldo (metro.co.uk)
Cristiano Ronaldo (metro.co.uk)

YOKOHAMA – Real Madrid menjadi kampiun Piala Dunia Klub 2016 usai mengalahkan Kashima Antlers 4-2 dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Nissan, Yokohama, Minggu (18/12) WIB. Cristiano Ronaldo mencetak hattrick di laga tersebut sekaligus mencatatkan diri sebagai top skor di akhir turnamen dengan koleksi empat gol.

Di laga final ini, Zinedine Zidane menurunkan 11 pemain terbaiknya. Zizou –sapaan akrab Zidane– benar-benar ingin meraih trofi perdananya sebagai pelatih di ajang yang mempertemukan klub-klub terbaik dari enam konfederasi tersebut.

Sementara itu, Kashima menurunkan Mu Kanazaki. Di dua laga sebelumnya, Kanazaki selalu dicadangkan. Namun hebatnya, pemain berusia 27 tahun selalu menciptakan gol.

Los Blancos –julukan Madrid– langsung mengambil inisiatif serangan. Toni Kroos dan Luka Modric menjadi motor serangan Madrid. Perpaduan keduanya di lini tengah membuat Kashima kesulitan merebut bola dan mengembangkan permainan.

Bahkan pada menit kedelapan, Madrid unggul 1-0. Umpan silang Lucas Vazquez disambut sepakan first time Luka Modric. Namun, tembakan gelandang Kroasia masih dapat ditepis kiper Kashima, Hitoshi Sogahata. Akan tetapi, bola rebound berhasil dimanfaatkan Karim Benzema lewat sepakan terukurnya dan membuat Madrid unggul.

Mitsuo Ogasawara langsung merespons gol Madrid. Tembakan dari jarak sekira 30 meter melaju tipis di atas gawang Madrid kawalan Keylor Navas. Selepas peluang tersebut, Madrid lebih menguasai jalannya pertandingan.

Namun, rapatnya pertahanan Kashima yang dipimpin Naomichi Ueda membuat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kesulitan mencetak gol kedua. Namun, terlalu asyik menyerang menjadi petaka bagi Madrid.

Di pengujung babak pertama, Kashima sukses menyamakan skor lewat sepakan mendatar Gaku Shibasaki. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Shibasaki menjadi momok pertahanan Madrid. Pergerakannya menyulitkan lini tengah dan belakang Madrid. Pada menit 52, gelandang berusia 24 tahun melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang tak dapat ditahan Navas. Skor 2-1 untuk keunggulan Kashima.

Tidak ingin kalah dari Kashima, Madrid melakukan serangan terstruktur ke gawang kampiun J1 League 2016 tersebut. Hasilnya, Lucas Vazquez dijatuhkan Shuto Yamamoto pada menit 58. Ronaldo yang menjadi algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, skor sementara 2-2.

Madrid sebenarnya sempat unggul 3-2 pada menit 73. Namun, sepakan Benzema mengenai Ronaldo sehingga wasit tidak mengganggap gol tersebut. Skor tetap 2-2.

Selepas gol tersebut, Madrid memegang kendali penuh. Namun, pertahanan rapat Kashima membuat laga imbang 2-2 hingga waktu 90 menit usai. Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan 2 x 15 menit.

Ronaldo menggila di 15 menit pertama babak tambahan. Pada menit 97, memanfaatkan umpan Karim Benzema, Ronaldo sukses membobol gawang Sogahata. Skor sementara 3-2 untuk keunggulan Madrid.

Pada menit 104, giliran Kroos yang memberikan umpan manis kepada Ronaldo sebelum melepas sepakan setengah voli. Ronaldo mencetak hattrick untuk membawa Madrid menang 4-2 dan merebut trofi Piala Dunia Klub 2016. (aci)

agregasi okezone1