Tak Berkategori  

Hubungkan Lembah Anai – Padang Panjang, Kereta Gantung Kembali Diapungkan

Kereta gantung. (thedriftbackpackershostel.com)
Kereta gantung. (thedriftbackpackershostel.com)

PADANG – Pemprov Sumbar kembali melanjutkan pembahasan pembangunan cable car atau kereta gantung yang menghubungkan kawasan wisata Lembah Anai dan Kota Padang Panjang. Hadir kereta gantung ini dapat menarik wisatawan lebih banyak ke Sumbar.

Studi kelayakan pembangunan kereta gantung sebetulnya sudah dilakukan sejak 2013 lalu. Hanya saja pembangunannya tidak berjalan, terkendala penentuan batas wilayah proyek belum duduk.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Mawardi menyebutkan, selain mengoneksikan Padang Pariaman dan Lembah Anai, kereta gantung nantinya bakal melintasi tiga kabupaten yakni Padang Panjang, Tanah Datar, dan Padang Pariaman.

“Dibutuhkan Rp 34 miliar untuk membangun. Kami harap ada keterlibatan provinsi. Kalau terwujud, maka atraksi wisata ini bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan dan pemasukan,” jelas Mawardi saat memberikan paparannya di Istana Gubernur Sumbar, Kamis (25/1).

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, menyebutkan seluruh kabupaten yang wilayahnya dilintasi pembangunan kereta gantung harus berembug untuk menetapkan skema pembangunan. Bila melibatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumbar, lanjutnya, maka kewenangan pembangunan harus melibatkan provinsi. Melalui skema ini, 40 persen pembiayaan bisa berasal dari provinsi. (yose)