Tak Berkategori  

Hujan Angin di Dharmasraya, 27 Bangunan Rusak

Bupati Sutan Riska saat meninjau ke lokasi

PULAU PUNJUNG – Bencana hujan deras disertai angin kencang di Kenagarian Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, dan Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Jumat (8/4/2022) jelang waktu berbuka puasa sekira pukul 17.10 WIB meninggalkan duka bagi para korban.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Dharmasraya mencatat jumlah korban dalam bencana tersebut yakni, di Jorong Koto Panjang, 15 Ruko dengan 15 Kepala Keluarga ( KK), 6 unit rumah dengan 7 Kepala Keluarga ( KK), dan 1 unit rumah tertimpa pohon tumbang dengan 2 Kepala Keluarga.

Di Jorong Tanjung Salilok 5 unit rumah dengan 6 KK dan Perumnas Taratak Garden Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung 3 unit rumah.

” Hujan deras disertai angin kecang tersebut belangsung selama lebih kurang 30 menit, yakni sekira pukul 16.40 WIB sampai pukul 17.10 WIB. Atap rumah bertembangan ditiup angin, ada juga yang ditimpa pohon. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” terang Eldison.

Lanjutkan Eldison, mendapat kabar atas bencana tersebut, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, langsung meluncur ke lokasi kejadian. Bupati Sutan Riska pun langsung meminta sekretaris daerah mengkoordinir OPD terkait untuk melaksanakan segala upaya untuk meringankan beban warga yang terdampak.

Bupati tidak ingin melihat warga terdampak dalam keadaan kesusahan, apalagi dalam suasana bulan puasa saat ini.

” Sesuai arahan bupati, hingga malam hari usai kejadian, BPBD mengerahkan sejumlah personel guna membersihan lokasi, terutama pada bangunan yang tertimpa pohon,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3APPKB, Bobby P Riza mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD, camat dan walinagari setempat guna mendata kerusakan, dan jumlah warga terdampak, agar bantuan yang akan disalurkan sesuai kebutuhan warga.

” Kita pastikan semua warga yang tertimpa musibah tidak luput dari perhatian. Terutama masalah kebutuhan pangan selama tanggap darurat,” pungkasnya. ( roni )