Tak Berkategori  

Hujan Basmi Titik Panas di Riau

Ilustrasi (antara foto)
Pemadaman kebakaran lahan di Pekanbaru, Riau (antara foto)
Pemadaman kebakaran lahan di Pekanbaru, Riau (antara foto)

PEKANBARU – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, titik panas di Riau cenderung hilang terutama di wilayah pesisir akibat curah hujan terjadi cukup merata sepanjang pekan ini.

“Kita masih dilanda hujan cukup merata pada pekan ini terutama wilayah pesisir Riau dengan intensitas berkisar ringan 10 hingga 50 milimeter per hari,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi.

Menurut dia, wilayah pesisir di provinsi tersebut meliputi Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan dan Indragiri Hilir karena selama ini menjadi pusat titik panas dan titik api sepanjang tahun ini.

Dengan curah hujan ringan, tetapi terjadi secara terus menerus meski berbeda daerah di wilayah pesisir, maka ampuh dalam mengurangi atau padamkan titik api yang sewaktu-waktu terjadi.

Untuk wilayah lain seperti di bagian Barat atau sepanjang deretan Bukit Barisan meliputi Kuantan Singingi, Kampar dan Rokan Hulu kembali bakal dilanda hujan dengan intensitas sedang antara 50 hingga 150 milimeter per hari.

Pada umumnya, cuaca pekan ini di wilayah Riau cerah hingga berawan dengan angin dari arah Utara hingga Timur dengan kecepatan berkisar 5 sampai 15 knots atau 9 hingga 27 kilometer per jam.

“Hujan berpotensi terjadi dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Riau bagian Barat, Tengah dan Selatan terutama pada pagi atau sore hari,” kata Slamet.(aci)

sumber:antara