Hujan Lebat, Longsor dan Pohon Tumbang Landa Sawahluntuo

Ilustrasi (net)

SAWAHLUNTO – Akibat hujan lebat sejak sore hingga Kamis (11/10) malam, longsor dan pohon tumbang terjadi di enam tempat di Sawahlunto. Pinggiran jalan Lintas Sumatra di Silungkang dan Air Dingin di Muraokalaban membelintang badan jalan, sehingga sempat menghambat arus lalu lintas.

“Pohon tumbang di Silungkang dan Air Dingin, malam itu sudah bisa diatasi sehingga arus lalu lintas pulih lagi, “kata Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Kesbangpol-PBD) Adriyusman, Jumat (12/10).

Selain di Silungkang dan Muarokalaban, sebut Kepala Kesbangpol dan PBD, pohon tumbang dan tiang listrik rubuh terjadi di Desa Taratak Bancah, Kecamatan Silungkang. Semalaman Desa Taratak Bancah gelap gulita karena rubuhnya tiang listrik.

Di Desa Lumindai dan Balai Batu Sandaran juga terjadi longsor. “Hari ini kita tengah berupaya membersihkan longsoran dengan menggunakan alat berat. Di Taratak Bancah, petugas PLN berupaya untuk memasang kembali tiang yang rubuh,” ujar Adriyusman.

Di Kelurahan Lubang Panjang, pohon tumbang menimpa dapur rumah warga. Longsoran dan pohon tumbang yang terjadi tidak ada korban jiwa. “Menyikapi kondisi curah hujan tinggi dan longsor serta pohon tumbang Kesbangpol PBD bersama semua instansi terkait meningkatkan kewaspadaan,” tuturnya. (cong)

Loading...