Hujan Lebat, Sejumlah Lokasi Alami Longsor di Agam

Salah satu badan jalan yang ditutupi material longsor di Panta Pauh Kabupaten Agam. (ist)

LUBUK BASUNG – Akibat hujan lebat, Kamis malam (24/11) menyebabkan sejumlah lokasi di Kabupaten Agam mengalami bencana longsor dan robohnya tiang listrik.

Kepala Pelaksana BPBD Agam Bambang Warsito, Jumat (25/11) menjelaskan, di Jorong Panta Nagari Panta Pauah Kecamatan Matur telah terjadi tanah longsor yang membawa material pohon dan tiang listrik rebah.

“Kemudian di Kecamatan Palembayan juga terjadi longsor di ruas Jalan Provinsi di Jorong Kampung Tabu Nagari Sipinang yang menutupi separoh badan jalan,” katanya.

Selain itu, di Jalan Provinsi Malalak- Sicincin kembali longsor siang ini, yaitu di lokasi yang sama longsor pada 2 hari yang lalu.

“Sampai saat ini masih terjadi pergerakan tanah bukit, cuaca berkabut disertai hujan disekitar lokasi,” katanya.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Kalak BPBD dan PU Provinsi.

Untuk mengatasi, hal ini, Personil BPBD Agam bersama TNI, Polri, pihak kecamatan, nagari dan masyarakat turut mendukung pembersihan material longsor yang menutupi sejumlah ruas jalan yang ada.

“Pada sebagian jalan yang ditutupi material longsor tidak dapat dilewati kendaraan, seperti Malalak -Sicincin, sedangkan di Panta Pauh hanya bisa dilewati kendaraan secara bergantian, dengan cara buka tutup jalan,”katanya.

Memerhatikan kondisi tersebut, diminta kepada pengguna jalan agar waspada dan menghindari kondisi jalan yang rawan dilewati karena kondisi tanah yang labil.(210)