oleh

Hujan Picu Banjir di Sejumlah Titik di Padang

PADANG – Hujan yang mengguyur Kota Padang mengakibatkan sejumlah titik tergenang banjir. Tidak hanya banjir, satu truk tangki air terjun ke jurang akibat guyuran hujan, Rabu (10/4).

Untuk tangki tersebut, hingga saat ini masih berada di jurang. Sopir truk masih dalam pencarian, diduga hanyut terbawa arus. Sementara untuk keneknya sudah dilarikan ke Hospital Semen Padang.

Sementara lokasi banjir berada di Perumahan Griya Tabiang Banda Gadang, Nanggalo. Di sana, ketinggian air mencapai 80 centimeter dengan jumlah 40 KK.

Pantauan di lapangan, untuk kawasan Tabiang Banda Gadang, sudah menjadi langganan banjir. Sebab, setiap hujan dengan intensitas tinggi, selalu mendapatkan genangan banjir. Terlihat di sana, para warga berusaha menyelamatkan perabotan elektronik miliknya.

Selain itu, BPBD Padang juga telah menyiagakan perahu karet di lokasi, karena sudah dikeluarkan status peringatan dini “Awas”.

Lurah Tabiang Banda Gadang, Rio Ebu Pratama, mengatakan, hingga pukul 16.00 WIB, air yang mengenangi puluhan rumah warga sudah mulai surut. Sebelumnya luapan air tersebut sempat masuk ke dalam rumah warga dengan ketinggian sepinggang orang dewasa.

“Ada puluhan rumah tergenang air, karena luapan Sungai Batang Kuranji. Tapi hanya beberapa jam saja, air sudah mulai surut. Saat ini masih ada genangan air di sejumlah rumah warga dan juga membersihkan lumpur-lumpur yang masuk ke dalam rumah,” kata Rio.

Sementara itu, aliran Sungai Gunung Nago, debit air sudah mengalami peningkatan hingga 2,2 meter. Diduga, akan sangat rawan terjadi banjir di beberapa titik di Padang.

Tidak hanya di Tabiang Banda Gadang, air juga mengenangi RSUD dr. Rasyidin, Koto Tangah, dengan ketinggian mencapai 20 sentimeter.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Padang, Sutan Hendra, mengatakan, hujan mengguyur Padang dengan intensitas sedang dan ringan tadi, mengakibatkan penambahan debit air di aliran Sungai Gunung Nago.

“Kalau hujan deras di atas, Kabupaten Solok, debit air sungai meningkat di Padang. Dari pantauan kita, mengalami kenaikan signifikan dengan status awas. Tapi sore sudah turun,” kata Sutan Hendra.

Dikatakan, untuk lokasi yang berdampak akibat hujan, di dua lokasi Tabiang Banda Gadang dan RSUD dr. Rasyidin. Untuk lokasi banjir, pihaknya sudah menyiagakan petugas dan sejumlah peralatan.

“Kita sudah stenbay, air sudah kembali surut sore tadi. Jadi tidak ada evakuasi warga di dua titik banjir. Untuk korban jiwa tidak ada, namun diperkirakan hujan masih berpotensi turun hingga malam nanti,” katanya. (deri)

News Feed