Tak Berkategori  

Hujan Tiga Hari ke Depan, Warga Kota Padang Diminta Waspadai Banjir dan Longsor

Kondisi banjir di kawasan Imam Bonjol, Padang, Kamis (9/1). (ist)

PADANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang telah mempersiapkan penanggulangan bencana menyusul release yang dikeluarkan BMKG terkait prediksi hujan selama tiga hari ke depan.

Kalaksa BPBD Padang, Barlius, Jumat (10/1) mengatakan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD). Untuk daerah rawan longsor, misalnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas PUPR untuk menyiagakan alat berat bila terjadi longsor.

“Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan KSB untuk membantu masyarakat, jika diperlukan evakuasi,” ujar Barlius.

Barlius mengimbau kepada seluruh masyarakat Padang, dengan adanya perkiraan cuaca tersebut diharapkan bisa waspada dampak banjir dan longsor. Dengan begitu, diharap tidak ada korban jiwa akibat dampak bencana.

Prediksi BMKG

Sebelumnya, Badang Metereologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar, memprediksi Padang akan terjadi hujan hingga tiga hari ke depan.

“Hingga saat ini kami memperkirakan hujan akan terjadi hingga 12 Januari mendatang,” kata Kepala Stasiun Metereologi Bandara Internasional Minang Kabau, Sakimin, kepada wartawan.

Sakimin mengatakan, potensi hujan akan terjadi mulai dari ringan, sedang hingga hujan deras. “Nanti kalau ada kemungkinan hujan deras, kami akan berikan peringatan dini,” kata Sakimin.

Hujan deras terjadi di Padang dan beberapa daerah di Sumbar, dipengaruhi oleh cuaca panas yang terjadi tiga hari sebelumnya.

“Dengan cuaca panas beberapa hari sebelumnya, membuat penguapan air laut lebih cepat dan itu membentuk awan dengan cepat pula. Makanya hujan langsung deras seperti kemarin,” katanya.

Dia juga mengatakan, cuaca panas yang disusul oleh hujan deras itu memang merupakan siklus yang terjadi di setiap awal tahun. Siklusnya memang seperti itu. Kalau sudah terjadi panas beberapa hari, maka akan ada hujan deras setelahnya. (deri)