Tak Berkategori  

Ikatan Dokter Anak Anjurkan Penggunaan Masker N95

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

PADANG – Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Sumatera Barat, Finny Fitry Yani menganjurkan masyarakat menggunakan masker merek N95, karena jenis ini lebih efektif dalam meminimalisir dampak kabut asap.

“Semua jenis masker mampu meminimalkan dampak kabut asap tapi masker jenis N95 lebih efektif,” katanya dalam konferensi pers yang digelar Rumah Sakit Umum M Djamil Padang

Ia tidak melarang penggunaan masker jenis apa pun termasuk masker yang dijual bebas di toko dan di pasar.

“Apa pun jenis masker akan mempunyai pengaruh dalam meminimalisir dampak kabut asap, tapi besar atau kecilnya tergantung jenis masker yang digunakan,” kata dia.

Sementara masker jenis N95 bisa digunakan hingga tujuh hari pemakaian, namun bisa kurang atau lebih tergantung dampak dari kabut asap.

“Warga bisa memperhatikan warna dari masker. Apabila sudah bewarna kuning masker sudah tidak dianjurkan untuk dipakai,” ujarnya.

Para orang tua diharapkan memberikan perhatian khusus kepada anak-anak mengingat anak-anak rentan terhadap bahaya kabut asap.

“Masker N95 memang ukurannya agak besar bagi anak-anak, tapi kalau mereka berkenan memakai tentu lebih baik,” kata dia. (aci)

sumber:antara