Iklan Rokok Turun, Personal Care Naik pada Kuartal I 2017

×

Iklan Rokok Turun, Personal Care Naik pada Kuartal I 2017

Bagikan berita
Foto Iklan Rokok Turun, Personal Care Naik pada Kuartal I 2017
Foto Iklan Rokok Turun, Personal Care Naik pada Kuartal I 2017

[caption id="attachment_52943" align="alignnone" width="650"]Ilustrasi (twitter) Ilustrasi (twitter)[/caption]JAKARTA - Hasil monitoring iklan televisi (TV) Adstensity menunjukkan brand dari industri personal care memiliki empat brands yang berada pada top 10 brands dengan pengeluaran iklan televisi tertinggi, yakni Garnier, Dove, Ponds, dan Pantene.

Di sisi lain, industri rokok yang pada kuartal I-2016 memiliki 4 brands  pada top 10, justru saat ini hanya menempatkan 2 brands dengan pengeluaran iklan televisi tertinggi, yakni Sampoerna dan Djarum. Pada kuartal ini, brand Dunhill Mild dan Gudang Garam

tidak termasuk dalam top 10.Adstensity mencatat, Walls merupakan brand yang paling banyak mengeluarkan dana belanja iklan televisi. Pada kuartal I 2017,

total ad spending Walls mencapai Rp403,7 miliar. Di tempat kedua ada Sampoerna dari industri rokok yang mengeluarkan dana belanja iklan Rp331,5 miliar.Selanjutnya berturut-turut diduduki industri personal care, yaitu brand Garnier, Dove, Ponds, dan Pantene. Garnier dengan belanja iklan sebesar Rp283,8 milliar, Dove sebesar Rp282,1 miliar, Ponds sebesar Rp279,1 miliar dan Pantene sebesar 270,2 miliar. Djarum berada di tempat ke-7 dengan mengeluarkan dana untuk beriklan sebesar Rp265,9 miliar.

Selanjutnya ada dari industri makanan olahan dengan brand Indomie dan Sarimi yang masing-masing mengeluarkan dana belanja iklan sebesar Rp265,8 miliar dan Rp261,1 miliar . Di posisi kesepuluh brand Frisian Flag dengan dana belanja iklan sebesar Rp253,1 miliarData Adstensity menunjukkan bahwa komposisi top 10 brands mengalami perubahan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan kuartal I tahun 2016. Pada periode tersebut, industri rokok menguasai komposisi top 10 brands dangan peringkat 4 besar dipegang oleh brand rokok.

Sebelumnya, Adstensity mencatat, Djarum merupakan brand yang paling banyak mengeluarkan dana belanja iklan pada kuartal I 2016. Total ad spending Djarum saat itu mencapai Rp611 miliar. Di belakang Djarum, terdapat brand Dunhill Mild dengan total belanja iklan mencapai Rp459 miliar. Selanjutnya, iklan Sampoerna dan Gudang Garam masing-masing mencapai Rp447 miliar dan Rp429 miliar.

Sedangkan mengacu pada grafik kuartal I tahun ini, komposisi top 10 brand saat ini lebih dikuasai oleh merek-merek dari industri Personal Care, yaitu brand Garnier, Dove, Ponds, dan Pantene. Industri rokok sendiri hanya mewakilkan 2 brand di Top 10 Brands dalam hal dana belanja iklan.Sampoerna tercatat di peringkat ke-2 dengan dana belanja iklan sebesar Rp331,5 miliar, turun sebesar 25,95% dari kuartal I tahun

2016. Sedangkan Djarum berada di peringkat ke-7 dengan mengeluarkan dana untuk beriklan sebesar Rp265,9 milliar, turun sebesar 56,53% dari kuartal I  tahun lalu. Sementara di peringkat pertama ada brand Walls dengan dana belanja iklan tertinggi yang

mencapai Rp403,7 miliar. (rel)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini