Tak Berkategori  

Imigrasi Padang Awasi Orang Asing di Mentawai

Imigrasi. (*)

 

Imigrasi. (*)
Imigrasi. (*)

TUA PEIJAT ­-  Mulai Desember tahun ini, keberadaan orang asing di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan diawasi secara intensif. Pasalnya Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum-HAM) melalui Kantor Wilayah KemenkumhamSumatera Barat sudah membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) di daerah yang terkenal akan destinasi wisata laut itu.

Tim yang diketuai oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Padang  ini melibatkan hampir seluruh jajaran pemerintah setempat, dibantu Intelkam Polres Mentawai dan Intel Kodim 0319. Tim ini nantinya diharapkan dapat secara efektif melakukan pengawasan terhadap adanya dugaan pelanggaran izin berkunjung maupun peredaran narkoba yang dilakukan wisatawan asing.

“Strategi pengawasan orang asing ini kita serahkan kepada tim yang saling berkoordinasi melalui pertukaran data dan informasi yang berhubungan dengan keberadaan orang asing di Mentawai. Berdasarkan data itu, tim akan melakukan kegiatan pengawasan secara berkala ke lapangan. Selain itu tim juga akan menindak setiap pelanggar yang terbukti melakukan pelanggaran,” terang Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar  Ansaruddin di Tua Peijat, Kamis (8/12). (rky)