Indonesia Dijamu Vietnam Malam Ini; Kerja Keras, Fokus, dan Disiplin

Shin Tae-yong.

PADANG – Leg II semifinal Piala AFF 2022/2023 antara Vietnam kontra Indonesia dibentang Senin (9/1) malam ini di Stadion My Dinh, Hanoi.

Tidak ada cerita bagi pasukan Garuda -julukan Timnas Indonesia- kerja keras, fokus, dan disiplin sepanjang pertandingan. Ya, tiga faktor itu wajib dibangun oleh Pratama Arhan dan kolega.

Juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bahkan usung percaya diri hadapi Vietnam pada leg kedua malam ini.

Shin Tae Yong memastikan Timnas Indonesia datang ke kandang Vietnam untuk meraih kemenangan. Ia juga memastikan seluruh pemainnya dalam kondisi terbaik untuk laga nanti.

“Semoga besok kami meraih hasil terbaik. Kami datang untuk menang. Para pemain dalam kondisi terbaik, serta percaya diri dan siap untuk melawan Vietnam,” kata Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan dilansir dari laman resmi PSSI dan disadur Singgalang dari berbagai sumber, Minggu (8/1).

Juru racik formasi asal Korea Selatan itu pun menjanjikan tiga hal dalam pertandingan melawan Vietnam. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan bekerja keras, fokus, dan disiplin sepanjang permainan.

“Vietnam memang tim yang baik dalam organisasi permainan. Pastinya besok akan menjadi laga yang menarik dan kami akan kerja keras, fokus dan disiplin,”STY menambahkan.

Timnas Indonesia datang ke markas Vietnam dengan membawa modal hasil imbang 0-0 pada pertemuan pertama, 6 Januari lalu. Hasil imbang itu membuat peluang tim Merah Putih melaju ke final masih cukup terbuka.

Pasukan Garuda memiliki dua cara untuk lolos. Pertama, meraih kemenangan dan berikutnya bermain imbang dengan ada gol yang tercipta. Semisal bermain imbang 1-1, 2-2, dan seterusnya. Jika skor tetap imbang 0-0 hingga babak perpanjangan waktu selesai maka penentuan tim mana yang lolos harus melalui adu penalti.

Piala AFF 2022 masih menganut regulasi agresivitas gol di kandang lawan atau gol tandang. Ini sedikit menguntungkan Timnas Indonesia yang mampu membuat Vietnam paceklik gol dalam pertemuan pertama babak semifinal.

“Para pemain dan seluruh anggota tim telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Vietnam,” jelas Shin Tae-yong.

Akan tetapi, untuk menang dan mencetak gol ke gawang Vietnam bukan perkara mudah bagi Timnas Indonesia. Sebab, kesebelasan dengan sebutan lain Golden Star Warriors itu masih nirbobol di Piala AFF 2022.

Vietnam telah bermain lima kali di Piala AFF 2022 dengan meraih tiga kemenangan, dua kali seri, membuat 12 gol, dan tanpa kemasukan sekalipun.

“Saya setuju bahwa Vietnam memiliki organisasi pertahanan yang baik dalam leg pertama babak semifinal,” papar Shin Tae-yong.

“Tapi bukan karena kami tidak mampu menyerang. Padahal, Timnas Indonesia jelas menciptakan selusin peluang pada pertemuan pertama,” imbuhnya.

Kubu tuan rumah, dengan juru latih Park Hang Seo tentu tidak ingin dipermalukan di kandangnya sendiri. Juru taktik asal Korsel itu pun telah menyiapkan skema permainannya.
Sulitnya menembus lini pertahanan Indonesia pada leg I lalu telah dipelajari.

Nguyen Hoang Duc dan kawan-kawan telah mendapat gambaran dari sang pelatih untuk bisa membongkar pertahanan Pratama Arhan cs., malam nanti itu.

Well, duel yang akan dipimpin wasit asal Jepang, Araki Yusuke ini menarik ditunggu hasilnya. Siapa yang bakal meraih tiket final pertama Piala AFF edisi 2022 itu? (102)