Tak Berkategori  

Indosiar Targetkan Finalis D’Academy 5 Bisa Ciptakan Terobosan

JAKARTA – Audisi program ajang pencarian bakat Indosiar, Dangdut Academy atau D’Academy (DA) masih dibuka hingga akhir Maret ini. Pihak Indosiar pun berupaya tak hanya menemukan talenta baru, tapi juga bisa menciptakan terobosan hingga dangdut bisa semakin mendunia.

Hal itu dikatakan Ekin Gabriel selaku Deputy Director Programming IVM Indosiar pada jumpa pers virtual terkait perkembangan Audisi Online D’Academy 5, beberapa waktu lalu.

Menurutnya ada tiga hal yang menjadi target dari tim Indosiar pada ajang D’Academy 5 ini, yaitu mencari bahan baku yang kaya karakter, maintenance atau mendorong para jebolan untuk mengembangkan karir, dan mampu menciptakan terobosan hingga talenta bisa dikenal di tingkat Internasional.

“Pada audisi ini kita memang berupaya mencari bahan baku yang kaya karakter, nanti ketika mereka lolos, barulah kemudian Indosiar memberi bumbu agar kualitas mereka semakin hebat,” kata Ekin.

Dalam hal maintenance, pihak Indosiar pun juga berupaya mendorong agar karir mereka berkelanjutan, tak hanya sampai di masa kompetisi D’Academy saja.

“Kalau mereka tidak eksis, berarti kami gagal. Maka itu kami berupaya menjaga brand,” katanya.

Menurutnya, pada audisi D’Academy tahun ini disambut antusias. Apalagi diselenggarakan secara online, tentu bisa menjangkau peserta dari daerah yang berada di kawasan pelosok.

Selain itu, kata Ekin, yang juga beda dari audisi sebelumnya, untuk D’Academy tahun ini, pihaknya juga mengikutsertakan pemenang DA sebagai juri dalam audisi online, salah satunya Fildan DA.

“Dengan menjadi juri, para finalis DA, tentu ini juga jadi pengembangan karir mereka,” katanya.

Sementara itu, Reza DA yang didapuk sebagai juri dalam audisi online ajang pencarian bakat penyanyi dangdut ini mengaku mencari penyanyi yang bisa menaikkan standar DA sebelumnya.

Meski tidak mudah, Reza Zakarya bangga saat kembali duduk di bangku juri ajang pencarian bakat musik dangdut itu.

Di ajang itu, Reza Zakarya menjadi saksi lahirnya para penyanyi dangdut baru yang akan meramaikan industri musik di masa depan.

“Saya bangga bisa ikut mencari talenta baru di musik dangdut,” kata penyanyi bernama lengkap Reza Zakarya ini.

Reza DA juga menilai, audisi online malah lebih enak karena nggak perlu antri dan panas-panasan, tinggal rekam video saat bernyanyi saja.

Selama menjadi juri audisi online, Reza Zakarya menemukan banyak juga peserta yang gaya dan cara menyanyinya sama dengan Lesti Kejora.

Salah satu peserta audisi asal Palembang, Rihan (20), mengaku ingin menjajal kemampuan olah vokalnya dengan mengikuti audisi online DA 5.

Bermodalkan suara merdu dan wajah cantik, Rihan mengaku yakin bisa lolos ke Jakarta sehingga bisa bersaing dengan peserta lain.

Rihan mengaku ini kesekian kalinya ia mengikuti audisi di berbagai ajang pencarian bakat yang digelar Indosiar maupun televisi lain. Makanya, ia berharap dengan talenta yang dimiliki bisa berbuat lebih jauh.

“Memang basic saya di pop, tapi ketika mencoba dangdut ternyata oke juga. Kalau dangdut kita mengandalkan cengkok, jadi lebih berat nyanyi dangdut ketimbang pop. Ini menjadi tantangan buat saya kedepannya,” tambahnya. (wahyu)