Tak Berkategori  

Induk Buaya Berkeliaran Sungai Surau Hulu, Anaknya Diserahkan ke BKSDA

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PARIAMAN – Pemko Pariaman akan menyerahkan satu ekor anak buaya kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, yang ditemukan warga di Desa Tungkal Selatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Pariaman, Agusriatma, Jumat (4/3) menyebutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi awal dengan pihak BKSDA untuk menindaklanjuti penemuan anak buaya yang baru berusia tiga hingga empat bulan tersebut.

“Kami masih menunggu kedatangan pihak BKSDA untuk membantu menyikapi penemuan anak buaya ini sehingga keberadaanya tetap terlestarikan,” ujar dia.

Pemerintah setempat akan membuat imbauan dan peringatan bagi warga sekitar terutama di sepanjang aliran Sungai Surau Hulu untuk sementara tidak beraktivitas di sekitar kawasan tersebut.

Dikhawatirkan induk buaya masih berkeliaran di sekitar aliran sungai yang dapat mengancam keselamatan penduduk.

“Imbauan kepada warga terutama untuk tidak mandi-mandi di sungai sangat penting karena ada kemungkinan masih ada buaya-buaya yang lainya,” ujarnya.

Sebelumnya pada Kamis (3/3) malam Deni (22), salah seorang warga sekitar bersama tiga orang rekanya ingin pergi mencari ikan ke sungai di daerah tersebut.

Sesampainya di tepi sungai salah salah seorang dari mereka melihat adanya anak buaya, dan secara spontan karena takut langsung menembaknya dengan alat tangkap ikan yang digunakannya.

“Kami takut terjadi hal buruk makanya langsung ditembak saja, namun sesaat kemudian induk buaya yang kira-kira memiliki panjang dua meter langsung keluar,” katanya. (aci)

sumber:antara