Tak Berkategori  

Ini Bahaya Sinkronisasi WhatsApp ke Facebook

whatsApp (net)

JAKARTA – Seperti diketahui, WhatsApp baru saja mengubah kebijakan privasinya. Dengan kebijakan baru ini, memungkinkan WhatsApp untuk membagikan data pengguna ke Facebook. Data pengguna yang dimaksudkan di sini terdiri dari nomor telefon pengguna dan pola tingkah laku pengguna aplikasi itu sendiri.

Sejatinya, pengguna diberikan pilihan oleh WhatsApp untuk memilih memberikan atau tidak membagikan informasi ke Facebook, namun tak semua masyarakat Indonesia yang membaca dan paham kebijakan terbaru itu. Bagi pengguna yang sudah terlanjut memilih setuju (agree) terhadap kebijakan baru itu untuk segera menonaktifkannya.

Caranya, masuk ke pengaturan WhatsApp, pilih account, lalu nonaktifkan pilihan “share my account info”. Dengan begitu, artinya Anda tidak mengizinkan data milik Anda dibagikan ke Facebook.

“Memutuskan tak lagi berbagi informasi kepada Facebook merupakan langkah yang baik jika pengguna tak ingin membagikan informasi pribadi ke pihak lain. Hal ini tak menutup kemungkinan sewaktu-waktu nomor telepon dan informasi pengguna disebarkan ke pihak lain tanpa diketahui,” kata Pratama Persadha, Chairman CISSRec (Communication dan Information System Security Research Center).

Selain itu, data pribadi juga bisa dibagikan dan disimpan di Facebook. Pasalnya, WhatsApp kini berada di bawah naungan Facebook. Baik WhatsApp dan Facebook harus bersikap transparan terhadap privasi data dan informasi pengguna. (rahmat)

agregasi okezone1