Tak Berkategori  

Ini Kebiasaan Buruk Membuat Kulit Wajah Berjerawat

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

SIAPA sih yang tidak merasa sebal saat mengetahui wajahnya dihinggapi jerawat? Baik itu kaum Hawa atau kaum Adam dari segala lintas usia. Selain faktor ketidakseimbangan hormon dan stres, jerawat juga bisa timbul akibat kebiasaan buruk yang secara sadar ataupun tidak kerap dilakukan.

Apa sajakah kebiasaan tersebut? Yuk intip uraiannya di bawah ini, seperti disiarkan  Boldsky, Kamis (1/9).

Menggosok wajah terlalu keras

Dengan harapan agar minyak berlebih bisa hilang dari wajah, secara tidak sadar kita kerap kali menggosok wajah terlalu keras saat ritual mencuci wajah. Kebiasaan ini akan membuat pori-pori menjadi semakin lebar dan menghilangkan kandungan minyak alami pada wajah.

Kuas make-up kotor

Kuas make-up yang kotor alias jarang dibersihkan membuat debu dan kotoran menjadi melekat dalam kuas. Dengan ini maka kotoran tersebut akan berpindah dan menumpuk ke dalam pori-pori wajah. Maka dari itu sangat penting untuk membersihkan kuas dan sponge make-up secara rutin.

Salah pilih sunscreen

Pemakaian krim pelindung matahari atau sunscreen jadi salah satu produk yang tidak boleh dilewatkan untuk sehari-hari. Pilih sunscreen yang tidak mengandung comedogenic yang bisa tersumbat di dalam pori-pori kulit. Gunakan sunscreen dengan kandungan non-comedogenic sehingga tidak membut kulit semakin berminyak.

Menyentuh wajah

Secara tidak sadar kita memang sering menyentuh wajah dengan tangan. Tangan sebagai tempat berkumpulnya bakteri akan jadi media berpindahnya bakteri tersebut ke dalam wajah.

Salah gunakan produk make-up

Teliti dalam memilih dan menggunakan produk make-up sangatlah penting. Sebaiknya perhatikan kandungan bahan-bahan yang ada di dalam suatu produk make-up, jangan sampai memilih produk make-up dengan formula yang terlalu kuat hanya karena beraroma mencolok. Pilih produk make-up yang sesuai dengan jenis tipe kulit. (rahmat)

agregasi okezone1