Tak Berkategori  

Ini Kemuliaan Hari Jumat, Surah Al-Kahfi dan Bersholawat, Ini Penjelasannya

Inilah awal surrah Al-Kahfi.(rahmat)

JAKARTA – Hari Jumat adalah sayyidul ayyam atau pemimpin para hari. Dalam banyak ilmu diterangkan terdapat banyak keutamaan dan kemuliaan pada hari Jumat apalagi dilengkapi dengan membaca Surah Al-Kahfi dan bersholawat.

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam (SAW) juga mengajarkan kepada kita untuk membaca Surah Al-Kahfi dan bersholawat untuknya pada malam Jumat atau hari Jumat.

Hal ini terdapat dalam hadis yang menjelaskan bahwa, Dari Abu Said Al-Khudri Ra bahwasannya Rasullulah SAW bersabda, “Sungguh siapa yang membaca Surah Al-Kahfi di hari Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).

Surah Al-Kahfi adalah salah satu surah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca. Membaca surah ini juga akan mendekatkan kita kepada ridha Allah Subhanallahu wa ta’ala (SWT).

Namun, ternyata tak hanya membaca Surah Al-Kahfi saja yang menjadi amalannya. Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada umatnya untuk sunnah memperbanyak mengucapkan sholawat.

Sebagaimana yang dijelaskan dari Channel Youtube Hasanah TV, oleh Ustaz Khalid Basalamah pada Kamis (03/12/2020).

“Hari Jumat atau malam Jumat perbanyaklah bersholawat. Sebagaimana sabda Nabi Shalallahu alaihi wa sallam dalam riwayat Ibnu Majah, ‘Perbanyaklah membaca sholawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat kalian itu disaksikan oleh malaikat atau malaikat mendengarnya. Dan yang menyaksikan adalah malaikat, dan sesungguhnya seseorang tidaklah membaca sholawat kepadaku melainkan doa itu akan dihantarkan kepadaku, sehingga dia selesai bersholawat’.”

Jadi banyaklah membaca sholawat karena itu merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Sunnah inilah yang akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri saat akhirat kelak.(okezone/rz)