Tak Berkategori  

Ini Kesiapan Operator Seluler Hadapi Lonjakan Trafik Libur Natal dan Tahun Baru

Indosat (okezone.com)
Indosat (okezone.com)

JAKARTA – Tiga operator seluler mengklaim siap menghadapi lonjakan trafik telekomunikasi sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2016, dengan menaikkan kapasitas jaringan.

“Trafik telekomunikasi diperkirakan meningkat di atas 20 persen dibanding trafik komunikasi pada saat normal,” kata Chief Service Management Officer PT XL Axiata Tbk. Yessie D. Yosetya di Jakarta, Kamis (24/12).

Selain ucapan Natal dan tahun baru, komunikasi di tengah masyarakat kemungkinan besar meningkat seiring dengan liburan panjang hingga memasuki awal tahun 2016.

Ia memperkirakan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, dan voice dibandingkan trafik pada hari normal. Untuk layanan data, diperkirakan akan naik hingga 20 persen, voice 5 persen, dan SMS 10 persen.

Hal yang sama juga diungkapkan Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah. Dia memperkirakan layanan data akan mengalami kenaikan paling signifikan mencapai 2.000 terabyte atau naik 22.6 persen dibandingkan trafik data rata-rata pada hari normal sepanjang tahun 2015.

Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,64 miliar menit atau naik 6,4 persen, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 miliar SMS atau naik 18,8 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.

Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk internet service yang ditingkatkan menjadi 370,2 gbps atau naik sekitar 60 persen dari tahun 2014.

Sementara itu, Group Head CTO Office Indosat Ooredoo Heri Purnomo mengatakan, pihaknya meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi segala kemungkinan kenaikan trafik, baik itu suara, SMS, maupun data.

Heri menjelaskan kapasitas suara ditingkakan menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta erlang/hari), layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,285 miliar SMS/hari, dan layanan data ditingkatkan menjadi 3.463 terabyte/hari.

“Semua kapasitas tersebut ditingkatkan untuk mengantisipasi kenaikan trafik secara nasional dengan melayani 69 juta pelanggan Indosat Ooredoo. Kenaikan kapasitas tersebut sudah disesuaikan dengan prediksi kenaikan trafik yang mungkin terjadi, berdasarkan pengalaman pada kondisi yang sama tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.(aci)

sumber:antara