Tak Berkategori  

Ini Lima Lembaga Survei Hitung Cepat Pilgub Sumbar

PADANG – KPU Sumatera Barat (Sumbar) menyampaikan lima lembaga survei akan melakukan hitung cepat pada pemilihan calon Gubernur Sumbar yang berlangsung pada 9 Desember 2015.

“Ada lima lembaga yang telah melapor yaitu Jaringan Informasi Publik, Median Survei Nasional, Syaiful Mujani Research Centre, Indobarometer dan Charta Politika,” kata Koordinator Divisi Logistik KPU Sumbar Fikon di Padang, Senin.

Menurut dia semua lembaga survei yang melakukan hitung cepat tersebut telah mendaftar ke KPU dan dalam melaksanakan kegiatan harus memenuhi syarat yang ditetapkan.

“Lembaga tersebut hanya boleh mempublikasikan hasil penghitungan setelah proses pemungutan suara dilaksanakan,” ujar dia.

Kemudian jika terjadi perbedaan penghitungan antara satu lembaga dengan lainnya maka harus dijelaskan metode yang digunakan, lanjut dia.

Kepada masyarakat Fikon berpesan hasil hitung cepat tidak dapat menjadi acuan dan hanya sebagai data terbaru saja sebab data yang valid, akurat dan sah adalah hasil hitung manual yang dilakukan KPU.

Oleh sebab itu jika terjadi perbedaan hasil maka yang menjadi rujukan adalah hasil penghitungan KPU, ujarnya. (*/lek)

Sumber: antara