oleh

Ini Sembilan Kapolres di Sumbar yang Dimutasi

PADANG – Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengeluarkan surat telegram (ST) Kapolri nomor: ST/2317/IX/KEP/2019 tanggal 2 September 2019 terkait mutasi sejumlah perwira menengah.

Surat yang ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM), Inspektur Jenderal (Irjen) Eko Indra Heri menyebutkan 136 perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) mengalami rotasi, mutasi dan promosi jabatan.

Dari 136 Pamen itu sembilan orang merupakan Kapolres di wilayah hukum Polda Sumbar. “Mutasi dilakukan sebagai penyegaran di tubuh Polri, khususnya di Mapolda Sumbar. Fokusnya adalah mengganti sejumlah Kapolres di sembilan daerah,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Komisaris Besar (Kombes) Syamsi, Rabu (4/9).

Dari sembilan Kapolres di jajaran Polda Sumatera Barat itu ada beberapa Kapolres yang pindah tugas dengan posisi sama yang juga di wilayah Polda Sumbar.

Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis promosi untuk mengisi kekosongan posisi Wakapolresta Padang yang ditinggalkan AKBP Kobul Syahrin Ritonga yang pindah tugas ke Polda Jawa Timur (Jatim) beberapa waktu lalu. Posisi Haris digantikan AKBP Sri Wibowo, Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar.

Kemudian, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin dimutasi ke Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Sumbar dengan jabatan baru sebagai Inspektur Bidang (Irbid) Itwasda.

Haris digantikan oleh AKBP Hendri Yahya yang menjabat posisi sama di Kepulauan Mentawai. Penghanti Hendri ditunjuk AKBP Dody Prawiranegara yang sebelumnya Penyidik Madya I Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat.

Kemudian AKBP Endrastiawan Setyowibowo, Kapolres Payakumbuh ditarik ke Mabes Polri sebagai Wakil Kepala Pusat Pendidikan (Wakapusdik) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri. Pengantinya AKBP Dony Setiawan yangsebelumnya Kapolres Solok Kota sejak beberapa tahun belakangan.

Jabatan yang ditinggalkan Dony diisi oleh Kapolres Agam, AKBP Ferry Suwandi. Sebagai suksesornya, Mabes Polri mempercayakan Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Penegakkan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Dwi Nur Setiawan.

Kemudian, Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana yang sempat hendak dipindahkan ke Pulau Kalimantan beberapa waktu lalu akhirnya “benar” pindah pada saat ini.

Ia digeser ke Polda Bangka Belitung (Babel) sebagai Wakil Direktur (Wadir) Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum). Arly digantikan oleh Kapolres Pasaman Barat (Pasbar) AKBP Iman Pribadi Santoso.

Mengisi posisi yang ditinggal Iman, Kapolres Pesisir Selatan (Pessel), AKBP Fery Herlambang akan menempati jabatan tersebut. Sementara pengganti Fery juga merupakan Kapolres dari Polda Sumbar, yaitu AKBP Cepi Noval yang selama dua tahun terakhir memimpin Polres Padang Panjang.

Selanjutnya, AKBP Sugeng Hariyadi yang menjabat Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) III Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar ditunjuk mengantikan Cepi.

Tiga Polres lainnya, Tanah Datar, Padang Pariaman dan Sawahlunto juga tak luput dari pergeseran para komandannya. Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas pindah Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri sebagai Kepala Seksi Pemeliharaan Kendaraan Pesawat Udara (Kasi Harkan Pesud) Sub Direktorat Fasilitas Pemeliharaan Kendaraan (Subdit Fasharkan) Direktorat Kepolisian Udara (Dit Poludara) Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud).

Pria asal Cimahi, Jabar itu digantikan Kasubdit IV Dit Reskrimsus Polda Sumbar, AKBP Rokhmad Hari Purnomo. Kemudian Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho ditarik ke Polda Sumbar sebagai Kepala Bagian (Kabag) Informasi dan Logistik (Infolog) Biro Logistik (Rolog) Polda Sumbar. Posisinya digantikan oleh AKBP Zamroni Wibowo yang menjabat sebagai Kapolres Sawahlunto.

Pengganti Zamroni berasal dari Mabes Polri, yaitu AKBP Junaidi Nur yang bertugas di Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Mabes Polri sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pemeliharaan Ketertiban dan Kedisiplinan (Hartibplin) Bagian Penegakkan Ketertiban dan Kedisiplinan (Bag Gaktibplin) Biro Provos (Roprovos). (guspa)

Loading...

Berita Terkait