oleh

Irfendi Belum Jelas, Ferizal Maju Independen

SARILAMAK – Politik di Limapuluh Kota jelang Pilkada, kian menarik disimak. Cabup incumbent Irfendi Arbi diprediksi kesulitan mencari parpol koalisi. Ada, tapi kursinya lebih banyak ketimbang PDI Perjuangan. Negosiasi berjalan pelan.

Sementara, Ferizal Ridwan yang saat ini wakil bupati, jauh hari sudah memproklamirkan diri akan maju berkompetisi. Dia memilih mundur dari Ketua Partai Kebangkitan Bangsa setempat dan memantapkan hati maju dari jalur independen (non parpol).

“Dengan mengucapkan bismillah, bermodal kekuatan silaturrahmi, kami ikhtiar untuk maju Pilkada. Saya maju bersama Nurkhalis, aktivis petani dari jalur independen,” kata Ferizal Ridwan.

Irfendi sampai hari ini masih memakai metode ingin “dilamar” partai politik. Ini dibuktikan, dengan sudah munculnya beberapa kandidat Cawabup yang siap berpasangan dengan Irfendi Arbi.

Mereka antara lain, Syamsul Mikar Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota dari Kapur IX. Politisi Golkar itu mengaku, siap maju dengan Irfendi jika diusung partai. “Itu klaim sepihak Pak Mikar saja, Golkar itu ada mekanismenya. Ada survei dulu,” kata sejumlah dedengkot Partai Golkar.

Selain Mikar, ada beberapa nama politisi Golkar lain yang diprediksi kuat untuk diusung. Dari nama Ketua DPD Safarudin Dt Bandaro Rajo yang kini anggota DPRD Sumbar (eks Ketua DPRD Limapuluh Kota), Ketua AMPI Sumbar Wahyudi Thamrin yang sudah diminta langsung oleh Ketum AMPI Dito Ariotedjo untuk maju, Riko Febrianto dan Afri Yunaldi menantu mantan bupati Alis Marajo.

“Nanti saya akan beritahu kepada pak Ketum Golkar Airlangga Hartarto, agar mengusung kader terbaik AMPI,” kata Dito Ariotedjo, di Jakarta.

Yudi Thamrin sendiri, merupakan putra asli Selatan Limapuluh Kota yang punya hubungan dekat dengan kelompok Airlangga Hartanto dan Bambang Soesatyo, keduanya akan maju di pemilihan Ketua Golkar.

Sementara itu, Partai Demokrat digadang-gadang akan berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Menyusul, kian mesranya komunikasi antara Ketua DPC Demokrat Darman Sahladi dan Ketua DPC PPP drh Harmen. “Arah untuk itu (maju,_red) ada,” kata Harmen, bekas Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota.

Di sisi lain, PAN, Gerindra dan PKS sudah membuka pula pendaftaran. Ada nama-nama pendatang baru muncul di Pilkada mendatang.

Mereka antara lain Muhammad Rahmad, Kolonel TNI Yunihermon, pengusaha biro travel umroh dan Haji Rizki Kurniawan dan beberapa nama kandidat asal Kapur IX.

Mantan Bupati Amri Darwis juga muncul kembali di Pilkada. Amri mengaku sudah membina komunikasi dengan beberapa parpol. Antara lain Hanura dan PKS. (bayu)

 

Loading...

Berita Terkait