oleh

Irjen Fakhrizal Didorong Gantikan Irwan Prayitno

PADANG – Pemilihan presiden dan legislatif memang sudah usai. usai Pemilu, bakal digelar Pilkada serentak 2020 mendatang. Gubernur Sumbar juga akan dipilih lagi bersamaan sejumlah walikota dan bupati.

Nama Inspektur Jenderal Polisi Fakhrizal, Kapolda Sumbar digadang-gadang punya peluang besar menggantikan Irwan Prayitno (IP). “Sumatera Barat, pernah berjaya dipimpin perwira tinggi polisi , mendiang Kaharudin Dt Rangkayo Basa,” kata Buya Mas’oed Abidin, seorang ulama Sumbar beberapa hari lalu

Intelektual muda Luak Limopuluah Haji Desra menyebut, Sumbar butuh pemimpin yang tegas sekelas Fakhrizal. “Kita rindu sosok gubernur yang tegas dan mampu mendorong pembangunan, sehingga dirasakan langsung oleh masyarakat,” sebut Haji Desra, Selasa (11/6).

Menurut dia, banyak sumber daya alam Sumbar yang belum tergarap maksimal. “Saya selama ini konsen di sektor perkebunan dan peternakan. Dua sektor ini, jelas belum tergarap maksimal oleh Pemprov. Begitu juga pertambangan yang mestinya bisa menampung banyak tenaga kerja, merubah ekonomi, ini malah stagnan,” kata Desra.

Dia menyebut, Sumatera Barat harus waspada kehilangan potensi ekonomi dari daerah tetangga yang selama ini dipasok oleh sumbar. “Contohnya Riau, sekarang sudah banyak peternakan, pertanian tanaman pangan dan usaha perdagangan lainnya,” tukuk Dirut PT Mitra Utama itu.

Jika Sumbar tidak melakukan terobosan, kata Desra, maka dampak ekonomi dan lapangan pekerjaan akan terkena imbasnya.

Dia menilai, kelemahan birokrasi pemerintahan saat ini ada pada eksekusi program di lapangan yang tidak sesuai dengan target atasan yang mengambil kebijakan. “Kalau Kapolda, basic-nya intelijen, dia paham kondisi kampungnya sendiri. Dan menjadi sebuah penghargaan besar bagi Sumbar, jika beliau mau menaruhkan pangkat dan jabatannya untuk maju di Pilgub,” kata Desra.

Sejumlah warga Pangkalan Koto Baru, Limapuluh Kota, juga berharap Fakhrizal maju di Pilgub. “Dulu, saat bencana banjir besar di sini, pak Kapolda turun. Beliau bawa bantuan berton-ton beras, makanan dan uang. Beliau kharismatik,” kata Pinel, Ketua Pemuda Nagari Manggilang.

Ketua Kerapatan Adat Nagari Tungka AM DT Bandaro Kuniang secara terpisah mengaku, Kapolda Sumbar punya program hebat selama ini dalam menghormati budaya dan kearifan lokal. “Ada pelatihan hukum, dan diskusi hukum pidana dan hukum adat yang selama ini dilakukan Polri,” kata dia.

Di dunia olahraga, Fakhrizal dikenal sebagai bapak angkat banyak iven. Fakhrizal juga menggelar sejumlah pertandingan sepakbola, bulu tangkis, volly, dayung bahkan tinju. Tidak itu saja, Fakhrizal selama bulan Ramadhan juga banyak membantu suksesi dan semarak MTQ di beberapa wilayah. (bayu)

Loading...

Berita Terkait