Tak Berkategori  

Irman Setuju Bulog di Bawah Kementerian Perdagangan

Irman Gusman. (*)
Irman Gusman. (*)

JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman sepakat agar posisi Bulog berada langsung di bawah Presiden dan tidak berada di bawah Kementerian BUMN seperti saat ini.

“Bulog harus bertanggung jawab langsung kepada Presiden, sementara kebijakan sehari-harinya berada di bawah Kementerian Perdagangan,” ujar Irman, Rabu (8/7).

Senator asal Sumatera Barat ini menyatakan, Dirut Bulog sebagai pelaksana dari kebijakan Kemendag. “Mengapa? Karena Kemendag itulah yang melaksanakan fungsi sebagai pengendali persoalan perdagangan di dalam negeri,” ungkapnya

Dengan perubahan seperti itu, Irman meyakini Bulog akan menjadi lembaga yang kuat dalam menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok dan mampu menjaga stabilitas harga pangan.

“Karena dengan posisi Bulog berada di bawah Presiden dan pelaksana kebijakan Kemendag, Bulog tidak lagi menjadi pencari untung (profit oriented) tetapi benar-benar sebagai alat negara penyangga pangan,” ujarnya lagi.

Sehingga dengan demikian, mwnurut dia posisi Bulog akan lebih mampu menekan inflasi serta mengamankan stok pangan Nasional.

“Terlebih yang ditangani Bulog nanti tidak hanya beras, tetapi jenis sembako yang lainnya juga,” tutupnya. (Ery)