Tak Berkategori  

Istri Walikota Padang Panjang Praperadilankan Kapolres

Kapolres Padang Panjang AKBP Heru Yulianto (net)
Kapolres Padang Panjang AKBP Heru Yulianto (net)

PADANG PANJANG – Istri Walikota Padang Panjang, Maria Feronika melayangkan gugatan praperadilan terhadap Kapolres setempat, atas penetapannya sebagai tersangka korupsi anggaran rumah tangga rumah dinas walikota.

Gugatan tersebut didaftarkan kuasa hukumnya, Amin Tras di Pengadilan Negeri Padang Panjang, Kamis (18/8).

Amin Tras kepada sejumlah wartawan mengatakan proses penetapan kliennya oleh penyidik Polres sebagai tersangka tidak prosedural.

“Proses tersangka klien kami ini tidak prosedural, makanya kami daftarkan praperadilan ini. Dalam proses penyidikan tersebut ada tahapan-tahapan dan mekanisme yang diatur undang-undang dan undang-undang itu lah yang dilanggar oleh penyidik dan Kapolres atas penetapan tersangka kepada klien kami,” tuturnya.

Ia menyebutkan kliennya dalam kondisi sehat-sehat saja. Pihaknya tidak akan menghadirkan Maria selama proses praperadilan berjalan.

“Kalau dalam proses praperadilan ini kita dinyatakan menang, maka Kapolres harus bertanggung jawab atas tindakan krimanalisasi yang telah dilakukannya. Namun jika sebaliknya apabila kita kalah dalam praperdilan ini, sesuai prosedur mereka, kita akan hadirkan ibu Maria Feronika,” tegasnya.

Sementara pihak Polres Padang Panjang belum menanggapi konfirmasi sehubungan dengan gugatan praperadilan ini.(jas)