Hukum dan kriminalitas

Jadi Tersangka Penipuan, Pebisnis Pelumas Gugat Praperadilan Polda Sumbar

×

Jadi Tersangka Penipuan, Pebisnis Pelumas Gugat Praperadilan Polda Sumbar

Sebarkan artikel ini
Gugatan praperadilan. (ist)

Padang – Reni Rani menggugat praperadilan Polda Sumbar setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan.

Kasus penipuan itu dilaporkan oleh Rinaldy Jusuf dari PT. Delima Tri Sakti dalam bisnis pelumas. Reni Rani mengajukan gugatan praperadilan ke PN Padang dengan Nomor Perkara 6/Pid.Pra/2023/PN Pdg.

Dalam sidang praperadilan dengan hakim tunggal Anton Rizal Setiawan, Senin (4/12/2023), Reni Rani, mengatakan, penetapannya sebagai tersangka tidak sah, karena dia tidak menerima SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan) dari kepolisian.

Dirinya tidak bisa ditetapkan sebagai tersangka karena hanya bekerja sebagai marketing lepas atau broker. Selain itu dia juga tidak menandatangani surat perintah penahanan.

“Penyidik juga tidak menghadirkan saksi ahli perdata dan pidana terkait kasus penipuan yang dituduhkan kepada saya,” katanya.

Sementara itu, Direktur Kriminal Umum Polda Sumbar Kombes Pol. Andri Kurniawan mengatakan gugatan praperadilan merupakan hak dari seorang tersangka dan diatur dalam KUHAP.