Tak Berkategori  

Jadwal Buka Puasa untuk Wilayah Padang 15 April

Masjid Raya Sumatera Barat. (desrian)

PADANG – Jadwal buka puasa dan salat magrib untuk hari ketiga Ramadan, Kamis (15/4/2021) di wilayah Padang dan sekitarnya perlu diketahui umat Muslim.

Dikutip dari situs resmi Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag), waktu magrib atau berbuka puasa pukul 18.24. Selanjutnya waktu Isya pukul 19.33.

Sedangkan untuk jadwal imsak pada Jumat (16/4/2021) besok yakni pukul 04.50. Kemudian waktu Subuh pukul 05.00. Selanjutnya Zuhur pukul 12.22, Asar 15.37, dan Magrib sekaligus waktu berbuka puasa pukul 18.24.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, banyak keistimewaan ibadah puasa yang dilaksanakan seorang muslim. Mengutip pernyataan tokoh Sufi Jalaluddin Rumi, Kamaruddin mengatakan salah satu keistimewaan puasa yaitu, dapat meningkatkan kualitas spiritual seorang muslim.

“Seorang tokoh Sufi besar abad ke-13, Maulana Jalaluddin Rumi dalam karya Magnum Opus Matsnawinya berkata, bahwa puasa adalah hidangan langit, puasa adalah nutrisi jiwa, puasa adalah hidangan rohani yang akan mempertajam spiritualitas seseorang yang memungkinkan shoimin shoimat untuk menangkap sinyal-sinyal Ketuhanan,” kata Kamaruddin saat mengisi ceramah salat tarawih di Masjid Istiqlal, 1 Ramadan 1442 H, Selasa (13/4/2021) malam.

Kamaruddin menambahkan, puasa merupakan pelindung bagi seorang muslim. Puasa senantiasa akan menuntun seorang muslim menjadi insan yang bertakwa. (mat)