oleh

Jadwal Tidur Teratur Bermanfaat bagi Kesehatan Metabolisme

JAKARTA – Memiliki pola tidur dan bangun yang teratur dapat melindungi kesehatan metabolisme. Sebuah studi baru telah menghubungkan kebiasaan itu dengan kemungkinan risiko lebih rendah yang membentuk sindrom metabolik, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, dan kolesterol tinggi.

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 , stroke , penyakit jantung , dan penyakit serius lainnya.

Para peneliti dalam studi terbaru melihat hubungan antara variabilitas pola tidur dan perkembangan faktor risiko metabolisme pada 2.003 orang berusia antara 45 dan 84 tahun.

Mereka menemukan bahwa untuk setiap 1 jam variasi sehari-hari dalam waktu tidur atau lama tidur, ada 27% peningkatan risiko pengembangan faktor risiko metabolik.

National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), yang merupakan bagian dari National Institutes of Health, mendanai penelitian ini, yang dimuat dalam jurnal Diabetes Care .

“Banyak studi sebelumnya,” kata penulis studi yang sesuai Tianyi Huang, yang bekerja sebagai ahli epidemiologi di Brigham dan Women’s Hospital di Boston, MA. “Ada hubungan antara kurang tidur dan risiko lebih tinggi dari obesitas , diabetes , dan gangguan metabolisme lainnya,” seperti dinukil dari medicalnewstoday.

Namun, yang tidak diklarifikasi oleh studi ini adalah apakah ketidakteraturan dalam pola waktu tidur dan lama tidur mungkin juga menjadi faktor.

“Penelitian kami menunjukkan , bahkan setelah mempertimbangkan jumlah tidur yang didapat seseorang dan faktor gaya hidup lainnya, setiap perbedaan 1 jam dari malam ke malam dalam waktu tidur atau durasi tidur malam melipatgandakan efek metabolik yang merugikan,” Huang menambahkan.

Seseorang dapat memiliki hanya satu faktor risiko, tetapi lebih besar kemungkinannya jika mereka memilikinya, mereka juga akan memiliki lebih banyak. Seorang dokter akan mendiagnosis sindrom metabolik ketika ada tiga atau lebih faktor risiko. (aci)

 

Loading...

Berita Terkait