Jais Darga Bukukan Kisah Hidupnya

Jais Darga luncurkan buku biografi. (*)

JAKARTA – Jais Darga, seniwati Indonesia yang sepak terjangnya hingga mendunia, memuat kisah inspiratifnya dalam sebuah buah buku bertajuk ‘Jais Darga Namaku’. Buku tersebut diterbitkan Titimangsa Foundation yayasan nirlaba yang dibentuk artis Happy Salma.

Siapa yang tak kenal dengan Jais Darga. Di kancah seni rupa Indonesia dan internasional, dirinya dikenal sebagai seorang art dealer Indonesia yang mendunia.

‘Jais Darga Namaku’ memuat kisah inspiratif hidup seorang Jais Darga sebagai seorang art dealer perempuan pertama di Indonesia. Lebih dari tiga dekade, Jais Darga menaklukkan kubu-kubu seni di berbagai kota besar dunia.

Kehadiran biografi yang ditulis  penyair Ahda Imran menjawab rasa penasaran semua orang tentang Jais Darga.

“Saya hanya mengetahui nama Jais Darga sebagai art dealer dan baru bertemu di 2013. Biografi ini berbicara tentang keberanian Jais Darga menjadi subjek otonom. Sosok perempuan yang keras kepala tapi bisa menunjukkan kepada dunia siapa dirinya,” ujar Ahda Imran saat jumpa pers peluncuran buku ‘Jais Darga Namaku’ di Pondok Indah Golf Club House, kawasan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Peluncuran yang didukung oleh Titimangsa Foundation itu dikemas sebagai renungan bersama para sahabat yang menjadi saksi mata perjalanan hidup Jais Darga. Happy Salma yang turut mendukung sejak awal penggarapan biografi menuturkan bukunya menjawab segala pertanyaan tentang sosok Jais Darga.

“Belum pernah ada art dealer perempuan pertama dari Indonesia yang berhasil menembus dunia. Dari Paris sampai New York. Bahkan Jais Darga membawa Jean Michel Basquait, Picasso, dan seniman dunia lainnya untuk berpameran di Bali,” tuturnya bersemangat. (dudung)

Loading...