Headlinesolok selatan

Jalan Nasional ke Solsel, Rusak Parah

×

Jalan Nasional ke Solsel, Rusak Parah

Sebarkan artikel ini
Bupati Solsel Khairunas dan Ketua Bappeda Taufik Effendi menerima Pimpinan Umum Singgalang H. Basril Djabar (kiri) di ruang kerjanya, Kamis (7/9) foto hendripon

Penat kuduk digoyang-goyang mobil. Tapi apa mau dikata, saya dan da Bas perlu bersua Bupati Solok Selatan, H Khairunas untuk sebuah urusan di samping da Bas taragak basuo.

Menjelang Surian, setelah Lolo, jalan nasional itu baru mulai mulus. Dan begitu memasuki gerbang Solok Selatan di Ulu Suliti, jalan nasional itu semakin mulus saja.

Kata sopir kami,” kok tiba-tiba jalan nasional ini jauh lebih baik begitu masuk Solok Selatan?”

Saya tak menjawabnya. Tapi setelah tiba di Muara Labuh, wartawan kami, Hendrivon memberi jawabannya. “Bupati Solok Selatan itu rajin berkunjung ke Balai Pelaksana Jalan Nasional Sumbar di Padang. Makanya jalan nasional di Solok Selatan itu mulus dan lebar,” kata Abang, panggilan Hendrivon.

Dan saat bersua Bupati Khairunas, kami pun disuguhi informasi, betapa bupati yang energik ini tengah berjuang menyelesaikan jalan Sungai Sungkai-Sungai Rumbai, yang lazim disebut Sungkai-Surai.

“Dari Padang Aro hingga ke Sungai Rumbai di Dharmasraya sekitar 38 km. Nanti jalan Sungkai-Surai itu akan terhubung dengan exit tol Trans Sumatera di Sungai Rumbai,” tutur Bupati Khairunas.

Dijelaskan, ruas Sungkai-Surai itu saat ini dikucurkan dana APBN sebesar Rp 31 miliar. Sebelumnya dari BKK Sumbar sebesar Rp 11,5 miliar. “Hingga selesai mencapai Rp 250 miliar. Dan sekarang sudah masuk dalam pendanaan APBN melalui program Inpres Jalan,” imbuhnya. (204)