Jalan Tertimbun Longsor di Talamau, Pasaman Barat Sudah Bisa Dilalui

SIMPANG EMPAT – Akses jalan Bateh Samuik menuju Tombang Mudiak Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat yang terputus akibat longsor sudah bisa dilalui kendaraan.

“Kamis sore ini jalan sudah bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat, Gustrizal di Simpang Empat, Kamis.

Menurutnya pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatam Talamau dengam dibantu masyarakat bersama-sama membersihkan material tanah yang menutupi jalan hampir satu meter.

“Kita juga menurunkan satu unit alat berat untuk membersihkan material longsor itu. Jalan baru bisa dilalui kendaraan pada Kamis sore ini,” sebutnya.

Ia mengatakan longsor terjadi pada Rabu (18/8) sore dipicu hujan lebat yang terjadi di daerah itu yang menyebabkan badan jalan tertutup material longsor.

Akibatnya jalan yang menghubungkan dua kampung itu tidak bisa dilalui kendaraan sejak Rabu sore.

Ia mengimbau kepada warga yang melewati jalan itu agar meningkatkan kewaspadaan karena jalan yang tertimbun longsor masih licin dan bertanah.

Selain itu juga diingatkan kepada warga Talamau agar mewaspadai musim hujan saat ini.

Secara geografis, katanya Kecamatan Talamau merupakan daerah perbukitan dan memiliki sungai-sungai besar yang rawan banjir dan longsor.

“Jika ada bencana segera hubungi petugas terdekat sehingga bantuan dapat cepat datang,” katanya. (ant)