oleh

Jalur Kereta Kayu Tanam-Padang Panjang Pakai Rel Karet

PADANG – Pemerintah melalui Kementrian perhubungan akan bangun rel bantalan karet pada jalur kereta api Kayu Tanam-Padang Panjang. Rel ini sudah digunakan untuk kereta di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

“Yang pasti kita memang tidak menggunakan rel baja lagi. Karena lokomotif bergigi tidak ada lagi,”sebut Kepala Balai Teknik Perekertaapian Wilayah Sumatera Bagian Barat, Catur Wicaksono, Senin (6/5).

Dikatakannya, mengaktifkan jalur kereta api di Sumbar memang tergantung dengan jalur Kayu Tanam dan Padang-Panjang. Jika jalur itu sudah ada lokomotif yang dapat melayani, maka sejumlah wilayah di Sumbar dapat dilayani dengan kereta api.

Sebelumnya, jalur itu dilewati oleh kereta dengan roda gigi. Sekarang tidak ada lagi, lokomotif yang menggunakan rel gigi. Untuk itu, adanya teknologi rel karet, Kayu Tanam-Padang Panjang sudah ada solusi.

“Pertemuan pak gubernur dengan Dirjen Perkeretaapian beberapa waktu lalu sudah disepakati Lembah Anai dapat dilewati dengan kereta menggunakan rel karet,”sebutnya.

Dikatakannya, upaya pemerintah untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api di Sumbar terus dilakukan. Pada 2019, Sumbar menerima anggaran sekitar Rp40 miliar untuk mengaktifkan jalur kereta Simpang Haru, Pulau Air di Kota Padang. (yose)

Loading...

Berita Terkait