Sumbar

Jamin Logistik Saat Bencana, Pemprov Ajukan Penambahan 28 Lumbung Sosial

×

Jamin Logistik Saat Bencana, Pemprov Ajukan Penambahan 28 Lumbung Sosial

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Sosial Sumbar, Arry Yuswandi.ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Sosial (Dinsos) mengajukan penambahan sebanyak 28 lumbung sosial ke Kementerian Sosisl (Kemensos).

Keberadaan lumbung sosial ini, khususnya di daerah-daerah rawan bencana, diaharapkan bisa menjadi solusi berbagai pesoalan logistik yang kerap terjadi saat bencana terjadi.

Kepala Dinsos Sumbar, Arry Yuswandi mengatakan, ketersediaan logistik merupakan salah satu elemen penting dalam mitigasi kebencanaan. Tak jarang, akibat berbelitnya proses birokrasi dan terputusnya akses ke lokasi bencana, penyaluran logistik untuk korban bencana menjadi terhambat. Hal ini pada gilirannya dapat berakibat fatal. Di sinilah, menurut Arry peran lumbung sosial menjadi amat vital.

Baca Juga:  Puluhan Kendaraan Terjaring Operasi Patuh Singgalang

“Seperti yang terjadi saat gempa Mentawai kemarin kan. Karena akses ke sana terbatass, kami kan sulit mengirimkan bantuan logistik dari Padang dengan cepat. Nah, tapi lantaran di sana sudah ada lumbung sosial, persoalan itu dapat teratasi,” kata Arry, Selasa (18/10/2022).

Lumbung sosial sendiri adalah tempat penyimpanan berbagai keperluan dan logistik tanggap darurat bencana, seperti bahan makanan, tenda, selimut, peralatan dapur, dan sebagainya. Lumbung sosial merupakan upaya pendekatan bantuan darurat bencana di garis terdepan bagi masyarakat terdampak bencana.