oleh

Jangan Tebang Pilih Berantas Tambang Emas Ilegal

PULAU PUNJUNG – Sejumlah warga Dharmasraya,  mengharapkan kepada penegak hukum setempat untuk tidak tebang pilih dalam menindak penambang emas ilegal.

Iwan (38), salah satu masyarakat Nagari Sungai Dareh, di Pulau Punjung, Selasa  (13/10), mengatakan penindakan harus dilakukan dari hulu sampai hilir Sungai Batang Hari.

“Sungai batang hari yang melalui Dharmasraya ini panjang, untuk itu yang tangkap jangan masyarakat sekitar sini saja,” katanya.

Menurut dia, aktivitas tambang yang dilakukan masyarakat sekitar jembatan Sungai Dareh ini tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan lokasi lainnya, karena ada yang melakukan dengan kapasitas alat mesin lebih besar dan bahkan dikeruk dengan alat berat.

Senada dengan hal itu, Fika (35) mengharapkan penindakan seperti ini harus dilakukan secara menyeluruh, jangan sampai hanya masyarakat yang berada di tepi jalan Lintas Sumatera ini.

“Jangan karena kami di pinggir jalan lalu ditindak, sedangkan masyarakat yang berada di pedalaman tidak dilakukan tindakan,” ujar dia.

Menanggapi hal itu, Kapolres Dharmasraya AKBP Lalu Muhamad Iwan Mahardan, menyatakan akan menindak seluruh aktivitas tambang ilegal di wilayah hukumnya.

“Semuanya akan ditindak, tentu ini harus secara bertahap, masyarakat dan rekan-rekan media silahkan kontrol,” ujarnya. (*/lek)

Sumber: antara

Loading...

Berita Terkait