Tak Berkategori  

Jelang Diberlakukannya MEA, 1.800 Warga Asing Menetap di Surabaya

Imigrasi (imigrasi.go.id)
Imigrasi (imigrasi.go.id)

SURABAYA – Jumlah warga negara asing (WNA) yang tinggal di Kota Surabaya semakin banyak menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yakni tercatat 1.800 orang hingga akhir Mei 2015.

Kepala Seksi Mutasi WNI dan WNA Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Relita Wulandari mengatakan, pihaknya mencatat sejak Januari sampai Mei 2015, jumlah pemohon Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) ada 696 WNA.

“Saat ini, total WNA yang tinggal di kota Pahlawan mencapai 1.800 orang,” katanya.

Dari 41 negara yang tercatat di Dispendukcapil, yang paling aktif melaporkan kedatangan serta mengurus SKTT adalah warga Jepang sebanyak 90 orang, disusul Korea Selatan berjumlah 89 orang, China 56 orang, dan India 49 orang.

Rata-Rata WNA datang di Surabaya bekerja di perusahaan-perusahaan besar. “Tidak hanya perusahaan di Surabaya saja, namun perusahaan di seluruh Jatim, tapi tinggalnya di Surabaya. Mereka biasanya tinggal di apartemen,” katanya.

Biasanya dalam setahun hanya 1.500-1.800 WNA yang mengurus SKTT. Saat ini, jumlah blanko pendaftaran ditambah hingga 2.500 lembar. Selain itu, jumlah Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap) akan diperbanyak.(*/aci)

sumber:antara