Tak Berkategori  

Jelang Wukuf, Jamaah Indonesia Habiskan Malam dengan Tenda Baru di Arafah

Jemaah bermalam di tenda. (Foto: Rani Hardjanti/Okezone)
Jemaah bermalam di tenda. (Foto: Rani Hardjanti/Okezone)

MAKKAH – Jemaah haji di dunia saat ini sudah berada di Arafah untuk mabit atau bermalam, tidak terkecuali jemaah Indonesia. Mereka bermalam menggunakan fasilitas terbaru yakni tenda tahan panas.

Tenda ini merupakan kali pertama digunakan bagi jemaah haji. Sebelumnya, jemaah menggunakan tenda dengan usia sudah 100 tahun.

Berdasarkan pantauan, Kamis (31/8/2017), pukul 02.43 WAS atau 06.43 WIB, saat ini jamaah banyak melakukan Shalat Tahajud. Mereka melakukan shalat di tenda masing-masing. Satu tenda bisa menampung sekira 75 orang.

Pada saat Rabu malam, bagi jwmaah pria, banyak yang duduk-duduk di bangku depan tenda atau menggelar karpet. Sementara jwmaah wanita lebih banyak tidur di dalam tenda.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sekaligus Amirul Hajj, mengimbau jemaah tidak terjaga terlalu lama sebab inti wukuf pada siang nanti.

“Sejak tergelincirnya matahari, besok pagi sampai siang hari diharapkan mengurangi aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan ibadah untuk menyiapkan stamina,” ujarnya.

Saat ini jemaah Indonesia yang totalnya mencapai 203.065 akan menghuni 70 maktab. Menag sempat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah tenda guna memastikan fasilitas berjalan baik. (aci)

agregasi okezone1