Tak Berkategori  

Jemaah Haji 2017 adalah Terbanyak di Dunia

Makkah (net)
Makkah (net)

JEDDAH – Tahun ini menjadi tantangan terbesar dalam sejarah perhajian. Pasalnya, jumlah jemaah haji mengalami lonjakan yang signifikan.

“Tahun ini adalah tahun terbanyak, tidak hanya Indonesia tapi seluruh dunia yang totalnya 2,1 juta jemaah haji dunia berkumpul,” ujarnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, usai menemui jamaah di Bandara King Abdul Aziz, Minggu (20/8/2017) atau Senin (21/8/2017) waktu Indonesia.

Untuk jemaah Indonesia, Menteri Lukman mengimbau agar jamaah tetap disiplin dan selalu berkoordinasi dengan petugas. Selain itu, Lukman meminta kepada jemaah untuk selalu menjaga kesehatan.

Dengan suhu panas yang dapat mencapai 50 derajat saat puncak haji diharapkan jamaah banyak minum air putih. Saat berpergian, jemaah diharapkan selalu bersama kelompoknya dan tidak berpergian sendiri.

“Kalau keluar berpergian dalam kelompok, jangan sendiri-sendiri. Ini agar memudahkan koordinasi kita. Jemaah harus menjaga kesehatan, dengan pola hidup sehat. Karena suhu panas sampai 48 derajat dan estimasi bisa sampai 50 derajat. Sehingga perbanyak minum air mineral,” katanya. (aci)

agregasi okezone1