oleh

Jemput Aspirasi, Rizki Abdian Putra Silaturrahmi dengan Mahasiswa dan Perantau Minang di Yogyakarta

YOGYAKARTA – Pengusaha Muda tranpsortasi Sijunjung yang bermukim di Pekanbaru Riau, terus menyerap aspirasi para perantau dan mahasiswa Minang yang ada di penjuru dunia. Sabtu, 12 Oktober 2019, Rizki yang siap maju di ajang Pemilihan Bupati (Pilbup) Pilkada 2020 Sijunjung ini, bertemu dengan para perantau Sijunjung dan Mahasiswa Minang yang sedang menuntut ilmu di Kota Gudeg ini bertempat di Yogyakarta Marriott Hotel.

Para mahasiswa meminta Rizki, jika kelak menjadi pemimpin di Kampung, hendaknya memperhatikan dan memberikan perhatian khusus kepada pelajar dan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu jauh dari kampung, seperti di berbagai perguruan tinggi di Pulau Jawa, seperti di Yogyakarta. Misalnya, kata Agung Rasdi, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini, perhatian khusus tersebut yakni dengan memberikan beasiswa guna membantu biaya hidup dan biaya kuliah.

“Yang juga mendesak, yakni mendirikan asrama-asrama mahasiswa di berbagai kota di tanah air, seperti di Bandung, Jakarta, Bogor dan Yogyakarta. Karena perguruan tinggi di keempat kota ini sangat banyak diminati,” kata Agung yang berasal dari Sungai Rumbai, Dharmasraya ini.

Aspirasi Agung juga diamini Oginta, mahasiswa yang juga sedang menuntut ilmu di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan berasal dari Ujung Gading Pasaman Barat.

Begitu juga dengan perantau Minang yang hadir dalam bincang-bincang penuh kekeluargaan di Yogyakarta Marriott Hotel ni. Aspirasi mahasiswa ini sangat mereka dukung. Terutama soal beasiswa dan pembangunan asrama di setiap kota besar Pulau Jawa, yang merupakan pusat pendidikan di Indonesia.

Joni Candra Perantau Minang asal Kabupaten Sijunjung malah lebih rinci mengusulkan. “Kalau bisa asrama mahasiswa ini dibangun di setiap kota besar tersebut dikelompokkan perkabupatan seperti yang dilakukan kabupaten dan kota di Provinsi Riau,” katanya.

Pembangunan asrama perkabupatan kota ini, akan memudahkan koordinasi Pemerintah Provinsi Sumbar dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota yang ada di Sumbar. “Sehingga semua mahasiswa asal Minang akan dengan mudah pula berinteraksi antar orang sekampung,” sebutnya.

Rizki sendiri, sangat mendukung aspirasi mahasiswa dan para perantau Yogyakarta ini. Ia bila kelak mendapat amanah dari rakyat Kabupaten Sijunjung, memberikan prioritas untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya memberikan beasiswa dan membangun asrama mahasiswa di berbegai kota pusat pendidikan di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, seperti di Yogyakarta.

“Aspirasi yang pantas dan patut menjadi prioritas para pemimpin di Sumatera Barat, apakah itu kini sedang menjabat di provinsi maupun di kabupaten kota di Sumbar,” ujanya mantap. (aci/*)

Loading...

Berita Terkait