JOB FAIR DISNAKERTRANS; Pencaker yang Melamar Capai 1.686 Orang

Para pencari kerja ramai mendatangani pameran bursa kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar. (givo alputra)

PADANG – Pameran bursa kerja (job fair) di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Padang yang diadakan selama dua hari (8-9/2) ramai pengunjung. Lebih 2.000-an pengunjung datang ke sana. Sedangkan yang mendaftar sebagai pelamar tercatat 1.686 orang.

“Berapa yang diterima perusahaan/lembaga yang buka stand di job fair belum mendapatkan kepastian. Kita tunggu laporan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar Nazrudin kepada Singgalang, Selasa (13/2/2018).

Dia menyebutkan selama dua hari job fair, pengunjung membeludak. Bahkan stafnya kewalahan melayani.

Dalam job fair tersebut, lowongan kerja yang tersedia cukup banyak yang ditawarkan 74 perusahaan baik perbankan, perhotelan, rumah sakit swasta, perusahaan otomotif, perusahaan keuangan, perusahaan jasa dan pemasaran, termasuk ritail, telekomunikasi dan pabrikasi.

Dari 1.686 pencaker yang mendaftar itu, pencaker perempuan lebih banyak, mencapai 1.102 orang dan pencaker laki-laki mencapai 584 orang. Kebanyakan berkualifikasi pendidikan S1 sebanyak 1.139 orang dan ada juga S2, D3 dan SMA.

Nasrizal sebelumnya menyebutkan, fenomena yang terjadi saat ini di tengah masyarakat, tidak seimbangnya antara kesempatan kerja yang tersedia dengan jumlah pencari kerja. Di sisi lain, ada juga perusahaan yang sulit mendapatkan pekerja yang sesuai kualifikasi dan persyaratan teknis yang diinginkan.

“Akhirnya jumlah pengangguran makin meningkat,” (pepen)

Loading...