padang  

JSIT Wilayah Sumbar Sosialisasikan Program Sosial Kemanusiaan

PADANG-Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Sumatera Barat melakukan sosialisasi Program Rakornas Sosial Kemanusiaan (Soskem) JSIT Indonesia. Kegiatan ini menggandeng Laznas Yakesma Cabang Sumatera Barat.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan Sabtu (19/11) bertempat di aula BBPPKS Kementerian Sosial, Padang. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua yayasan, kepala sekolah, bendaraha Sekolah Islam Terpadu (SIT) se-Sumbar, dan dari Yakesma hadir Kepala Divisi Kemitraan dan Jaringan, Ulil Abshar.

Ketua Soskem JSIT Sumbar, Rudi Hartono menyebutkan, JSIT bekerjasama dengan Laznas Yakesma untuk memberdayakan zakat, infak, dan dana sosial keagamaan yang dihimpun di internal JSIT Sumbar. “Dengan begitu, pemberdayaan zakat, infak, dan dana sosial keagamaan bisa dikelola secara professional,” ujar Rudi.

Tidak saja bekerjasama dengan Laznas Yakesma, JSIT menurut Rudi juga menjalin kerjasama dengan Adara Relief Internatiobal. Organisasi ini berkonsentrasi mengurus masalah kemanusiaan di Palestina. JSIT juga menjalin hubungan dengan Relindo yang fokus pada mitigasi bencana di Indonesia.

Selain melaksanakan fungsi pendidikan, JSIT menurut Rudi juga konsen pada masalah kemanusiaan dan sosial lainnya. Karena itu, JSIT menjalin kerjasama dengan lembaga dan organisasi sosial dan kemanusiaan untuk mengoptimalkan peran sosial dan kemanusiaan JSIT.

Sosialisasi Program Rakornas Sosial Kemanusiaan JSIT ditambahkan Rudi diharapkan untuk meningkatkan jalinan kerjasama sekolah-sekolah di bawah naungan JSIT dengan lembaga sosial dan kemanusiaan yang sudah terjalin.” Kerjasama ini bersifat mengikat dan harus dijalani secara bertahap oleh anggota JSIT Wilayah Sumatera Barat, yakni yayasan-yayasan dan sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan JSIT Indonesia,” tambah Rudi.

Sementara itu, Ketua Wilayah JSIT Sumbar, Ustad Muhajir dalam sambutannya menghimbau kepada anggota JSIT Wilayah Sumbar untuk saling menguatkan dan mendukung program-program yang diluncurkan oleh JSIT Indonesia. “Banyak program yang diluncurkan, seperti kesejahteraan guru,  beasiswa, tunjangan perumahan, dan lainnya. Program-program ini diharapkan mendapat dukungan dari anggota JSIT,” ujar Muhajir. (zal)