Tak Berkategori  

Jumlah Korban Meninggal Dunia Gempa Sulbar Capai 90 Orang

Kantor gubernur Sulbar yang rusak parah akibat gempa M6,2 Sulawesi Barat. (foto: BNPB)

JAKARTA – Korban tewas akibat gempa bumi M6,2 di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat hingga Selasa (19/1) sore mencapai 90 orang. Terdiri dari 79 orang di Mamuju, dan 11 di Majene.

Komandan Resort Militer (Danrem) 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan selaku Ketua Pengendali Pemulihan Gempa Bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) mengatakan, kemungkinan korban gempa bumi di Sulawesi Barat bisa saja bertambah karena proses evakuasi masih terus dilakukan.

“Data tersebut hanya bersifat sementara,” ujar Brigjen Firman Dahlan saat mengupdate kondisi terkini penanganan bencana gempa bumi di akun Youtube BNPB Indonesia, Selasa (19/1).

Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 seperti diketahui, mengguncang Sulawesi Barat, pada Jumat, 15 Januari 2021, sekira pukul 02.28 WIB, dini hari. Sebelumnya, Sulawesi Barat juga telah diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,9 pada Kamis 14 Januari 2021, siang hari pukul 13.35 WIB.

Akibat rentetan gempa tersebut, banyak bangunan yang rusak parah. Gempa juga menimbulkan longsor yang berdampak pada putusnya jalan penghubung dari Majene ke Mamuju. Hingga saat ini, banyak warga Majene dan Mamuju yang bertahan di pengungsian. (rn/*)