Tak Berkategori  

Jumlah Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Pessel Melonjak Lagi

Ilustrasi (ist)

PAINAN – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan melonjak lagi, yaitu sebanyak 24 orang, Jumat (18/9).┬áDari kasus baru tersebut tersebar di empat kecamatan, yaitu Batang Kapas (15), Lengayang (4), IV Jurai (4) dan Koto XI Tarusan (1).

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Rinaldi di Painan mengatakan, dengan tambahan itu, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan hingga Jumat (18/9) mencapai 137 orang. Kemudian, pasien yang sembuh 34 orang dan meninggal dunia 5 orang.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 selama ini berasal dari berbagai unsur seperti ASN, pegawai swasta, masyarakat umum dan lainnya. Dengan adanya penambahan jumlah pasien positif Covid-19, maka gugus tugas kini melakukan tracking terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien bersangkutan.

Dikatakan, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, maka pasien positif Covid-19 akan diisolasi di Rusunawa Painan. Langkah Itu dilakukan karena terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 sebulan terakhir.

“Pelaksanaan isolasi mandiri dinilai tidak efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, karena selama isolasi mandiri di rumahnya masih besar peluang mereka kontak dengan masyarakat lain,” ucapnya.

Berkaitan rencana dibukanya kembali Rusunawa telah dilakukan rapat bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan. (son)