Tak Berkategori  

KA Reguler dan Wisata Sawahlunto-Padang Panjang akan Dioperasikan

Kereta Api Si Binuang. (ilustrasi)

SAWAHLUNTO – Kereta api komersial reguler dan Kereta Api Wisata, Sawahlunto-Padang Panjang bakal akan dioperasikan.

“Kami dari PT KAI mendukung sekali rencana mengoperasikan kembali kereta api jalur komersial reguler dan jalur wisata,” kata Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Salusra Wijaya kepada Singgalang di Sawahlunto, Senin (17/5).

Dikatakannya, PT KAI telah menyiapkan fasilitas dibutuhkan termasuk sumber daya manusia yang diperlukan. Meski begitu, untuk merealisasikan semua ini tidak bisa tuntas di PT KAI saja. Ada kewenangan Kementerian Perhubungan berkaitan dengan jalur rel atau track.

Dikemukakan Direktur Keuangan PT KAI, andil pemerintah provinsi sangat menentukan, selain pemerintah pusat untuk mewujudkan ini. Kalau mungkin, ada pula andil dari Unesco.

“Kita sarankan, Pemko Sawahlunto terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Keuangan, pemerintah provinsi dan Unesco,” ujar Salusra.

Sekretaris Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulma Efendi kepada dalam kunjungan di Sawahlunto awal Januari 2021 mengatakan, jalur rel Kereta Api yang sudah ada ini diperbaiki secara bertahap. Tahap pertama jalur rel yang diperbaiki, Sawahlunto- Muarokalaban. Kemudian, Muarokalaban-Solok. Solok-Batutaba. Batutaba-Padang Panjang.

“Semua ini kita lakukan dalam upaya menghidupkan kembali perkeretaapian di Sawahlunto. Semangat yang tumbuh di Pemko Sawahlunto memberikan dukungan besar bagi Kementerian Perhubungan,” tutur Zulma Efendi. (cong)