Tak Berkategori  

Kabanjahe Terus Diterpa Hujan Abu Sinabung

MEDAN – Kota Kabanjahe dan sekitarnya di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus diterpa hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung.

Dalam pesan singkat yang diterima di Medan, Senin, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dilihat semua parameter kegunungapian, aktivitas Gunung Sinabung masih sangat tinggi.

Pada Minggu (28/6), terjadi 116 kali guguran lava pijar, 14 kali gempa hybrid, tiga kali luncuran awan panas sejauh 3,5 km ke arah tenggara dan timur dengan tinggi kolom abu vulkanik 3.000 meter.

Sedangkan pada Senin hingga pukul 13.00 WIB, telah terjadi 67 kali guguran, 38 gempa hybrid, dan tremor menerus.

Pada Senin pagi pukul 07.18 WIB, terjadi erupsi dan luncuran awan panas guguran sejauh 3.000 meter ke sektor tenggara dengan tinggi kolom abu vulkanik 2.000 meter.

Kondisi itu menyebabkan kota Kabanjahe diguyur hujan abu dan berpotensi akan berlangsung lama karena erupsi Gunung Sinabung akan terus berlangsung.

Meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung tersebut menyebabkan banyaknya warga Karo yang mengungsi yang hingga Senin telah mencapai 10.645 jiwa atau 3.150 kepala keluarga.

Dari jumlah itu, tercatat adanya 780 lansia, 76 ibu hamil, 220 bayi, dan 747 balita. (*/lek)

Sumber:antara