Tak Berkategori  

Kabupaten/Kota Diminta Konsisten Tingkatkan Paten

PADANG – DPRD Sumbar minta semua kabupaten/kota untuk konsisten meningkatkan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten). Program ini menjadi kunci utama dalam perbaikan pelayanan publik.

Ketua Komisi I DPRD, Aristo Munandar mengatakan Paten bisa optimal dengan menempatkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dalam bidang masing-masing.

“Tanpa SDM yang profesional Paten akan berjalan tak efektif,” ujar Aristo, Rabu (27/1).

Inti utama dalam Paten yakni pelayanan satu pintu untuk semua administrasi masyarakat. Sehingga pelayanan menjadi mudah dan tak menyulitkan.

Dia mengatakan Paten harusnya sudah diterapkan semua kabupaten/kota dengan seoptimal mungkin. Ini sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) Nomor.4 Tahun 2010. Dalam aturan itu, kata dia, semua daerah sudah harus menerapkan Paten setidaknya pada 2015.

Namun, di Sumbar masih ada beberapa daerah yang belum menerapkan Paten ini.  Namun, telah banyak pula yang sudah menerapkan dengan baik.

“Ada beberapa daerah yang masih kekurangan SDM berkualitas untuk menyukseskan program ini. Untuk itulah kita minta masing-masing kabupaten/kota mencari solusinya,” ujar Aristo.(Titi)