Kalah 2-3, Pelatih Ghana Nilai Portugal Dapat Hadiah dari Wasit

Piala dunia. (fifa)

JAKARTA – Pelatih Ghana, Otto Addo menegaskan, gol penalti yang dicetak Cristiano Ronaldo dalam Piala Dunia kelimanya adalah “hadiah” setelah Black Stars menyerah 2-3 kepada Portugal.

Ghana nyaman mengimbangi Portugal sampai wasit Ismail Elfath memberikan penalti atas pelanggaran yang dibuat Mohammed Salisu kepada Ronaldo. Dan, ikon yang sudah menua itu mencetak gol pembuka dari titik penalti pada menit ke-65.

Ghana kemudian kalah 3-2 menyusul gol Joao Felix dan Rafael Leao, tetapi ketika ditanya siapa yang paling menyumbangkan kekalahan untuk timnya, Addo menjawab, “wasit”.

“Kami kecewa sekali, apalagi melihat situasi penalti. Sampai saat itu, kami sungguh menjalani pertandingan yang bagus,” kata Addo seperti dikutip AFP.

“Saya kira itu keputusan yang salah banget, kami memainkan bola… Saya tidak tahu mengapa VAR tidak muncul, tidak ada penjelasan. Kemudian sulit menghadapi tim kelas dunia ketika mereka sudah unggul,” katanya.

“Jika orang mencetak gol maka selamat, tapi itu benar-benar hadiah…. hadiah spesial dari wasit,”

Ditanya apakah penalti akan diberikan untuk pemain lain selain Ronaldo yang berada di ambang menciptakan rekor, Addo menjawan, “Anda harus tanyakan kepada wasit”.

“Saya tidak punya bukti bahwa keputusan berbeda akan dibuat untuk orang lain… Saya tak tahu apakah mereka tidak memperhatikan atau VAR tidak memperhatikan,” sambung dia.

“Saya kira itu luar biasa, sebenarnya itu pelanggaran terhadap kami.,

Pelatih Portugal Fernando Santos menepis kritik Addo itu dengan menyatakan, ofisial VAR akan campur tangan seandainya melihat sesuatu yang tidak diinginkan.

“Jika VAR mengatakan wasit harus melihat sesuatu, maka dia akan melihatnya,” kata Santos.

“Jika VAR tidak memanggil wasit, itu karena mereka melihat gambar dan tidak beranggapan ada sesuatu untuk dilihat,” tambah Santos.

Portugal Menang Tipis 

Dalam pertandingan Jumat (25/11) dini hari, Portugal melewati hadangan pertama dalam Piala Dunia 2022 dengan menang tipis 3-2 dari Ghana. Cristiano Ronaldo menjadi orang pertama yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia setelah membuka skor Portugal dari titik penalti pada menit ke-65.

Delapan menit kemudian, Ghana menyamakan kedudukan lewat Andre Ayew pada menit ke-73. Tak lama kemudian, Joao Felix memulihkan keunggulan Portugal lewat golnya pada menit ke-78 yang dua menit kemudian disusul gol Rafael Leao yang menjadikan kedudukan berubah 3-1.

Osman Bukari kemudian mencetak gol pada satu menit sebelum waktu normal usai, tetapi tim peringkat terendah turnamen itu tidak bisa lagi memasukkan gol sekalipun gencar menekan Portugal pada saat-saat terakhir lagi.

Ronaldo menyalip Pele dan pemain Jerman Uwe Seeler dan Miroslav Klose yang semuanya mencetak gol dalam empat Piala Dunia, setelah dia dijatuhkan oleh Mohammed Salisu sewaktu merangsek ke daerah penalti Ghana. Ronaldo sendiri yang mengambil penalti ini.

Pada menit kesepuluh sebenarnya Ronaldo nyaris mencetak gol ketika mendapatkan sebuah peluang sempurna. Mohammed Kudus dengan sembrono memberikan bola di lini tengah yang disambar Otavio untuk kemudian diteruskan kepada Ronaldo, namun dia tak mampu menaklukkan kiper Ghana Lawrence Ati-Zigi.

Tak lama kemudian, Ronaldo menyundul umpan silang Raphael Guerreiro dari jarak dekat, tapi sundulan itu melebar dari gawang Ghana. Ronaldo kemudian mencetak gol setelah laga memasuki waktu setengah jam namun dia dinilai oleh wasit Ismail Elfath telah mendorong Alexander Djiku sebelum mencetak gol itu sehingga gol ini dinyatakan tidak sah. Ronaldo menjadi satu-satunya ancaman gol nyata Portugal untuk tim terlemah Grup H itu.

Gelandang Ajax Mohammed Kudus sempat membuat penonton terhenyak setelah turun minum ketika menerobos pertahanan Portugal yang terbuka dan melepaskan tembakan kencang yang nyaris mengoyak gawang Portugal yang dijaga Diogo Costa.

Ghana lalu menyamakan kedudukan ketika Andre Ayew menyambut umpan Kudus untuk diubah menjadi gol pada menit ke-73.

Namun, Felix dan Leao memastikan Portugal meraih poin penuh dengan dua penyelesaian indah dalam jangka dua menit yang keduanya dirancang oleh Bruno Fernandes.

Bukari memperkecil kedudukan untuk Ghana yang sekaligus membuat Portugal cemas, setelah menanduk bola dari sebuah umpan silang tepat di mulut gawang. Tetapi Portugal tak terhindarkan untuk meraih poin penuh dari laga pertama Grup H ini, demikian AFP. (ant)